PENGUATAN BRANDING DAN STRATEGI PENJUALAN UMKM MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN STRATEGI LOW SEASON DI 9 MEDIA GRAPHIC
Kata Kunci:
Media Sosial, Branding, Strategi Penjualan, UMKM, Low SeasonAbstrak
Program KKN Alternatif yang dijalankan di 9 Media Graphic bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran digital dan mengembangkan metode penjualan di masa sepi (low season). Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemanfaatan media sosial secara optimal sebagai alat promosi, serta belum adanya pendekatan promosi khusus di saat penurunan permintaan. Solusi yang ditawarkan meliputi pelatihan pengelolaan konten, pembuatan kalender promosi, dan pengembangan strategi low season seperti diskon dan bundling. Selain itu, mahasiswa juga mengembangkan sub-brand untuk memperjelas segmentasi pasar. Seluruh kegiatan menunjukkan hasil yang positif dalam memperkuat identitas usaha dan menjangkau pasar secara lebih luas.
Referensi
Liputan6.com. (2025). Trik Marketing Jualan Makanan, Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan. Diakses dari https://www.liputan6.com/feeds/read/5972176/trik-marketing-jualan-makanan-strategi- ampuh-meningkatkan-penjualan
Media Indonesia. (2025). Strategi Pemasaran Meningkatkan Penjualan dengan Efektif. Diakses dari https://mediaindonesia.com/ekonomi/752526/strategi-pemasaran-meningkatkan-penjualan- dengan-efektif
Nisa, I. F., & Fathoni, M. I. A. (2022). Pelatihan Strategi Marketing Bagi Masyarakat Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Journal of Research Applications in Community Service, 1(1), 7-14.
Setiawati, P. S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.