UPAYA KERJA SAMA PT. NATURA PESONA MANDIRI DENGAN TRAVEL AGENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI SECRET GARDEN VILLAGE

Penulis

  • Desak Made Mya Yudia Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Rena Purnama Maesti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pariwisata, Efektivitas, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran melalui kerja sama antara Secret Garden Village dan agen perjalanan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Secret Garden Village yang dikelola oleh PT. Natura Pesona Mandiri mengimplementasikan berbagai program kerja yang difokuskan pada penguatan kemitraan bisnis, termasuk follow-up inquiry, sales call, dan presentasi produk. Kolaborasi dengan agen perjalanan berperan penting sebagai penghubung antara wisatawan dan penyedia jasa yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Metode penelitian menggunakan observasi langsung meliputi pelaksanaan sales call ke agen perjalanan, dan presentasi produk Secret Garden Village, Bali Timbungan, dan Black Eye Eatery. Selain itu, dilakukan tindak lanjut secara intensif terhadap inquiry dari agen perjalanan menggunakan sistem Customer Relationship Management untuk memastikan komunikasi yang efektif dan respons yang cepat. Evaluasi dilakukan melalui pengukuran efektivitas sales call, analisis kontribusi agen perjalanan dalam mendatangkan pengunjung, serta survei kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi follow-up inquiry yang terstruktur meningkatkan respons agen perjalanan dalam membawa tamu. Sales call yang dilakukan secara personal dengan pendekatan insentif dan komisi mampu memperluas jaringan kerja sama dan meningkatkan kunjungan. Presentasi produk yang informatif melalui media visual memperkuat pemahaman mitra bisnis tentang fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Evaluasi berkala dan transparansi dalam kerja sama Secret Garden Village berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan agen perjalanan yang secara langsung mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Bali.

Referensi

Arum, D. S., Darmawan, D., Khayru, R. K., Issalillah, F., & Vitrianingsih, Y. (2023). Kepuasan pasien BPJS: Tinjauan terhadap kualitas pelayanan, kelompok acuan, dan CRM. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 319–331.

Atika, R. D., & Nurjanah, N. (2014). Strategi customer relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Hotel Dyan Graha Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33.

Iskandar, I., Mahanka, R., Trijumansyah, A., & Yunita, N. (2019). Upaya meningkatkan loyalitas pelanggan melalui customer relationship management (Studi kasus pada Point Media Sejahtera). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 80–88.

Setiadi, K. P., & Manafe, L. A. (2021). Penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT Etos Suryanusa. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 22–33.

Suwito, A. R. (2018). Pengaruh kualitas layanan, image dan variasi produk terhadap kepuasan pelanggan Koperasi Kareb Bojonegoro. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 1(01), 110–123.

Titik, W. (2012). Marketing plan dalam bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wahab, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah industri perbankan syariah di Kota Pekanbaru. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 51– 66.

Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2018). Strategi customer relationship management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10–23.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Sari, D. M. M. Y., & Maesti, M. R. P. . (2025). UPAYA KERJA SAMA PT. NATURA PESONA MANDIRI DENGAN TRAVEL AGENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI SECRET GARDEN VILLAGE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 532–539. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11703