STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK BUNGA DI TOKO FLOUZE FLORIST
Kata Kunci:
Pemasaran Digital, Florist, Strategi Promosi, Media SosialAbstrak
Pemasaran digital menjadi strategi penting dalam meningkatkan penjualan pada era digital saat ini. Toko Flouze Florist di Denpasar Barat menghadapi berbagai hambatan seperti kurang optimalnya penggunaan media sosial, belum maksimalnya WhatsApp Business, serta promosi yang belum konsisten. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital agar mampu meningkatkan visibilitas, engagement, dan volume penjualan. Metode pelaksanaan dilakukan melalui observasi, pelatihan, pendampingan, hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam interaksi media sosial, kemitraan bisnis, serta pelayanan pelanggan. Selain peningkatan keterampilan teknis, kegiatan ini juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki mitra.
Referensi
Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2012). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach. Pearson.
Bryson, J. M. (2018). Strategic Planning: A Practical Guide. Wiley.
Hill, T., & Westbrook, R. (1997). SWOT Analysis: A Review of the Literature. Journal of Management, 23(5), 609–624.
Pickton, D. W., & Wright, S. (1998). SWOT Analysis: A Practical Guide. ITP.
Valentin, E. K. (2001). SWOT Analysis: A Review of the Literature. Journal of Management, 27(5), 553–571.
Weihrich, H. (1982). The TOWS Matrix: A Tool for Situational Analysis. Long Range Planning, 15(2), 54–66.