MENINGKATKAN DAN MENDORONG KOMPETENSI MASYARAKAT UNTUK KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DENGAN SERTIFIKASI LSP PARIWISATA KOMODO

Penulis

  • Made Edy Septian Santosa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Tri Indah Geriantini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Sertifikasi Profesi, LSP Pariwisata Komodo, SDM Pariwisata, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan membantu masyarakat memahami pentingnya sertifikasi profesi di bidang pariwisata melalui sosialisasi, pelatihan dasar, dan pendampingan oleh LSP Pariwisata Komodo. Kami menyadari bahwa rendahnya kesadaran dan akses terhadap sertifikasi menjadi tantangan utama dalam meningkatkan daya saing SDM pariwisata. Dengan pendekatan dan pendampingan langsung, masyarakat mulai menunjukkan motivasi untuk mengikuti uji kompetensi. Selain itu, kolaborasi antara lembaga pendidikan, LSP Pariwisata Komodo, dan masyarakat memberikan dampak positif yang membuat pembangunan pariwisata semakin maju. Program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan SDM pariwisata yang lebih profesional dan berdaya saing tinggi.

Referensi

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (2020). Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi. Jakarta: BNSP. Diakses pada 1 April 2025 dari

https://bnsp.go.id

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (2017). Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Pariwisata. Diakses pada 8 April 2025 dari https://kemenparekraf.go.id

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Santosa, M. E. S. ., & Geriantini, N. W. T. I. . (2025). MENINGKATKAN DAN MENDORONG KOMPETENSI MASYARAKAT UNTUK KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DENGAN SERTIFIKASI LSP PARIWISATA KOMODO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 467–471. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11692