PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERKAIT PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI GARBERA BLOOMS FLORIST BALI
Kata Kunci:
Pelayanan, SOP, Sumber daya manusiaAbstrak
Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan pengetahuan tambahan mengenai bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan prima terhadap pelanggan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing secara sehat dalam konteks pelayanan yang lebih luas. Secara tidak langsung ini juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan penjualan produk yang dijual oleh UMKM Garbera Blooms dan memberikan citra merek yang baik kepada pelanggan. Jenis kegiatan yang akan diberikan untuk meningkatkannya adalah dengan memberikan pengertian dan penyuluhan mengenai bagaimana mengutamakan kecepatan dan keramahan serta memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja.
Referensi
Kristanti, D., Kardini, N. L., Sucandrawati, N. L. K. A. S., Alaslan, A., Harto, B., Hidayati, M., ... & Astari, A. A. E. (2023). Etika Bisnis. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
MANANEKE, T., RARES, J., & Tampongangoy, D. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik, 5(78).
Mariah, S., & Sa'ud, U. S. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Layanan Administrasi Akademik. Jurnal administrasi pendidikan, 10(1).
Susanto, H., & Rustomo, P. (2022). Budaya-Etnografi Tri Dharma Perguruan Tinggi: Budaya Meneliti di Universitas Pertiwi. Jurnal Economicus, 15(2 Desember).
Triyono, A., Saputra, R. M. I., Hairudin, A., Afriaris, S., & Rahayu, T. (2023). Manajemen sumber daya manusia.