OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENCATATAN ORDER DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN AKURASI PENGELOLAAN KEUANGAN CUSTOMER DAN PENJUALAN DI PT. BALI ASITA DARMA

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Linda Oktavia Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Teknologi Digital, Sistem Pencatatan, Promosi, Pengeolaan Keuangan

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di PT. Bali Asita Darma, sebuah perusahaan logistik yang menghadapi permasalahan dalam sistem pencatatan order yang kurang terstruktur serta minimnya strategi pemasaran digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akurasi pengelolaan keuangan customer dan memperluas jangkauan pasar melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan teknologi digital. Solusi yang diberikan meliputi sosialisasi manfaat digitalisasi, pelatihan penggunaan aplikasi Notion untuk pencatatan order, serta pelatihan pembuatan konten promosi menggunakan Canva, Capcut, Instagram, dan TikTok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan akurasi pengelolaan keuangan, kualitas pelayanan, serta peningkatan engagement di media sosial dan penjualan jasa. Karyawan juga mengalami peningkatan kemampuan teknis dan kepercayaan diri. Kegiatan ini membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi digital mampu mendorong efisiensi operasional dan memperkuat strategi pemasaran perusahaan.

Referensi

Adenansi, D., Zainuddin, M., & Rusyidi, B. (2016). Partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri. Prosiding KS, 2(3).

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal ilmiah infokam, 15(2).

Judijanto, L. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Akurasi Laporan Keuangan pada Perusahaan Jasa di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science, 3(03), 276-284.

Karamang, E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Pada Sekolah Bisnis Di Bandung. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 5(1).

Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan, R. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 167-178.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Yuliastuti, I. A. N., & Oktavia, N. P. A. L. (2025). OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENCATATAN ORDER DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN AKURASI PENGELOLAAN KEUANGAN CUSTOMER DAN PENJUALAN DI PT. BALI ASITA DARMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 402–408. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11671