STRATEGI OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PENGEMBANGAN PENGAJAR DI TK UMA WERDHI KUMARA
Kata Kunci:
Pendidikan, Metode Pengajaran, EvaluasiAbstrak
Pendidikan anak usia dini berperan penting dalam perkembangan holistik anak, namun masih terbatasnya aksesibilitas dan penggunaan metode pembelajaran tradisional menjadi tantangan. Di TK Uma Werdhi Kumara, pengajaran masih bergantung pada metode ceramah dan media konvensional, yang kurang menarik minat anak-anak. Selain itu, kurangnya komunikasi antar pengajar dan sistem evaluasi kinerja yang jelas mempengaruhi kualitas pengajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan program pengabdian berupa pelatihan pengajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta pengembangan sistem evaluasi kinerja yang melibatkan umpan balik dari atasan, rekan sejawat, dan orang tua. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan keterampilan pengajar dalam menggunakan metode yang lebih kreatif dan interaktif, serta terciptanya ruang kolaboratif antar pengajar. Program ini juga berhasil mengimplementasikan sistem evaluasi yang komprehensif, memberikan umpan balik konstruktif untuk peningkatan kualitas pengajaran. Diharapkan, TK Uma Werdhi Kumara dapat terus mengembangkan kualitas pengajaran melalui evaluasi dan penyesuaian yang berkelanjutan.
Referensi
Dhewy, V. S., Sabrina, Z. S., & Kartik, S. B. (2025). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Anak Usia Dini (Studi kasus pada TK Annida Tangerang). Journal of Human And Education, 5(1), 236–245.
Hasbi, K., Puspita, D., Aini, Z., Akbar, I., Amalia, C. I., Sufika, A., Sinaga, D., Raya, L., & Aceh, B. (2025). Peningkatan Kualitas Tata Kelola Sdm Tenaga Pendidik TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banda Aceh. Communnity Development Journal, 6(1), 1412–1416.
Jayanty, A., & Aisyah. (2024). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga PAUD. Seminar Nasional Sosial Sains,Pendidikan,Humaniora ( SENASSDRA), 2 Nomer 1(1), 1–8.
Kusumawati, E. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Taman Kanak-Kanak. Edunity : Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(04), 207–222. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i04.25
Mustofa, M., Asy, H., & Ratnaningsih, S. (2024). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar : Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. An-Nizom, 9(1), 69–80.
Rahardjo, D. A. S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.