PENINGKATAN PENJUALAN UMKM MELALUI PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN PADA SIDHI ULAM ANYAR DESA DARMASABA
Kata Kunci:
UMKM, media sosial, komunikasi, pemasaranAbstrak
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah pedesaan memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, keterbatasan akses pemasaran dan kurang optimalnya komunikasi dengan konsumen sering menjadi hambatan utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan UMKM Sidhi Ulam Anyar di Desa Darmasaba, melalui pemanfaatan media sosial dan peningkatan kualitas komunikasi saat transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pelaku UMKM di Sidhi Ulam Anyar, serta survei terhadap konsumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, khususnya Instagram, secara signifikan membantu UMKM dalam memperluas jangkauan pasar, dan menarik minat konsumen baru. Selain itu, komunikasi yang efektif selama proses transaksi seperti respons cepat, penggunaan bahasa yang sopan santun, menggunakan etika dalam transaksi, menerima dan menanggulangi komplain dari konsumen dengan cepat, dan penjelasan produk yang jelas berdampak positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kombinasi antara strategi pemasaran digital dan interaksi personal yang baik terbukti mampu meningkatkan omset penjualan serta memperkuat hubungan antara pelaku usaha dan konsumen.Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan bagi pelaku UMKM di Sidhi Ulam Anyar dalam mengoptimalkan media sosial dan keterampilan komunikasi bisnis. Dukungan dari pemerintah dan pihak terkait dalam penyediaan infrastruktur digital juga diperlukan untuk memaksimalkan potensi UMKM di daerah pedesaan.
Referensi
APJII. (2023). Survei Penetrasi Internet di Indonesia 2023. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
Bappeda Kabupaten Badung. (2022). Laporan Profil UMKM Desa Darmasab di UMKM Sidhi Ulam Anyar Tahun 2022. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah..
Dinas Kominfo Kabupaten Badung. (2023). Laporan Infrastruktur Digital Desa 2023. Dinas Komunikasi dan Informatika.
Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Badung. (2023). Data Profil UMKM Desa Darmasaba di UMKM Sidhi Ulam Anyar. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.