PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN PENJUALAN DI TOKO MLG LATU, DESA ABIANSEMAL
Kata Kunci:
Pengembangan UMKM, Kualitas Produk, PenjualanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui peningkatan kualitas produk dan penjualan di Toko MLG Latu, Desa Abiansemal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang melibatkan partisipasi aktif dari pemilik warung serta pendampingan dari tim peneliti. Langkah-langkah strategis termasuk identifikasi kebutuhan pasar, peningkatan kualitas produk melalui pelatihan dan bimbingan teknis, serta pengembangan strategi pemasaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi ini, Toko MLG Latu dapat meningkatkan daya saingnya di pasar lokal dan meningkatkan pendapatan serta keberlanjutan UMKM di Desa Abiansemal. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan panduan dan contoh bagi UMKM lain dalam menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas produk dan penjualan untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Referensi
Hidayat N, R., Sulistyawati, L., & Prabowo, B. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di EraDigital Berbasis UMKM. Airlangga University Press.
Purwantini, A. H., Amalia, R. D., Kasmawati, A., Kinasih, A. S., Novitasari, N., & Sarita, R. (2022). UPAYA PENGEMBANGAN MODEL PEMASARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM DUSUN KADI GUNUNG KABUPATEN MAGELANG. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(6), 716-724
Pradnyawati, S. O., Dewi, K. I. K., & Lestari, N. K. M. (2022). OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DAN PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO EKA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR (SENADIBA) 2021 (pp. 245-251).
Tirtoni, F., Anam, M. C., Kusumaagni, Z., Annisa, L., Lailiyah, S. N., Susanto, A. P., ... & Fabiola, L. G. (2019). Pengabdian Masyarakat Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Umsida Press, 1-62.