IMPLEMENTASI SISTEM PEMBUKUAN SEDERHANA BERBASIS DIGITAL DAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL MARKETING DI USAHA COMP STORE

Penulis

  • I Putu Mega Juli Semara Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sudarmayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Comp Store, Pembukuan Sederhana, Penjualan Produk

Abstrak

Comp Store adalah usaha mikro yang berlokasi di Dalung, Bali pada tahun 2020. Fokus utamanya adalah menjual hardware dan software computer atau laptop. Namun, usaha ini menghadapi masalah pembukuan dan strategi pemasaran online. Pembukuan masih dilakukan secara manual dengan nota, yang mengakibatkan risiko kehilangan data. Selain itu, promosi online masih belum optimal karena masih dilakukan dilingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah ini, Comp Store menerapkan solusi berupa pencatatan digital menggunakan Microsoft excel, yang memungkinkan pencatatan lebih terstruktur. Disisi pemasaran, strategi penjualan melalui Instagram diusulkan untuk meningkatkan jangkauan pasar. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kerapian pembukuan dan meningkatkan promosi produk menjadi lebih baik, sekaligus memperluas jangkauan pasar Comp Store.

Referensi

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, Vol. 5, No. 1, pp. 98.

Khallossa, A., & Wulandari, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana pada Pelaku UMKM Omah Jamu Jati Husada Mulya Sedayu Bantul Yogyakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, Vol. 3, No. 3, pp. 983-988.

Masruroh, N., & Sadhie, M. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MERAJUT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 2, No. 1, pp. 159–174.

Primadona, I. A. L., & Rustiarini, N. W. (2024). Challenges and benefits of implementing corporate social responsibility in MSMEs. Jurnal Inovasi Akuntansi (JIA), Vol. 2, No.1, pp. 47–53.

Seroliana, A. S., Antikasari, T. W., Fitrianna, N., & Pratama, V. Y. (2024). Peningkatan Kapasitas Pemasaran Online Bagi Usaha Keripik Tempe Dikelurahan Kauman Ponorogo. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 2, No. 3, pp. 570–579.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Putra, I. P. M. J. S., & Sudarmayoga, I. K. . (2025). IMPLEMENTASI SISTEM PEMBUKUAN SEDERHANA BERBASIS DIGITAL DAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL MARKETING DI USAHA COMP STORE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 326–330. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11658