INOVASI PRODUK, STOK OPNAME DAN PEMASARAN PADA COFFE SHOP BELI KOPI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN

Penulis

  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Desi Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Inovasi Produk, Pemasaran Produk Pada Era Digital

Abstrak

UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan serta dalam pembangunan nasional. Inovasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau proses berpikir manusia yang bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru dalam rangka masukan, proses dan keluaran sehingga memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Inovasi produk adalah produk atau layanan baru yang diperkenalkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pemasaran merupakan (marketing) merupakan kegiatan transaksi pertukaran nilai yang dimiliki oleh masing-masing pihak, misalnya pertukaran produk yang dimiliki. Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka miliki. Tujuan dari pemasaran adalah menciptakan nilai bagi pelanggan dan memfasilitasi pertukaran antara perusahaan dan konsumen. Pemasaran melibatkan berbagai aktivitas, seperti pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain. Pentingnya perubahan strategi pemasaran menjadi semakin mendesak bagi perusahaan agar dapat tetap kompetitif dan mencapai keberhasilan dalam pemasaran. Pertumbuhan teknologi informasi dan internet telah secara dramatis mengubah cara individu mencari, memilih, dan berinteraksi dengan merek dan produk.

Referensi

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., ... & Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM.

Hastuti, W., & Riofita, H. (2024). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2).

Maria, V., Nurkhalida, L., & AL, S. U. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Inovasi Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal. MASMAN Master Manajemen, 2(2), 01-07.

Widodo, Z. D., Umiyati, H., Adriansyah, T. M., Yudawisastra, H. G., Sudirman, A., Sintha, L., ... & Aryani, L. (2022). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Penerbit Widina.

Yasotha, Y., Lumbantungkup, R., Siregar, M., Indriati, A., Azhari, Z., & Busra, A. D. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CAFE OX COFFEE MEDAN. Jurnal Multidisiplin Sosial dan Humaniora, 1(1), 8-16.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Endiana, I. D. M. ., & Wulandari, P. D. (2025). INOVASI PRODUK, STOK OPNAME DAN PEMASARAN PADA COFFE SHOP BELI KOPI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 319–325. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11657