UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KINERJA PERUSAHAAN DIBIDANG PEMASARAN DAN PEMBUKUAN DI INI WEAR SANUR

Penulis

  • Gde Bagus Brahma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Prisilia Tiana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Excel, Penurunan Penjualan, usaha kecil menengah

Abstrak

INI WEAR adalah sebuah usaha kecil menengah (UKM) yang berfokus pada penjualan pakaian wanita, khususnya koleksi pakaian musim panas, yang terletak di Sanur, Bali. INI WEAR memiliki peran penting dalam perekonomian lokal. Usaha ini tidak hanya menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat tetapi juga berkontribusi pada pengembangan industri fashion di Bali. Dengan mengusung tema pakaian musim panas, INI WEAR menawarkan produk yang sesuai dengan gaya hidup aktif dan santai para wanita. Tujuan penelitiaan ini untuk meningkatkan penjualan dan memiliki laporan kas proyek dengan menggunakan excel. Penelitian ini dilakukan selama 42 hari 24 Februari s/d 07 April 2024. Hasil penelitian diperoleh dari INI WEAR adalah adanya penurunan penjualan di tiap bulannya dan tidak memiliki laporan arus kas menggunakan excel

Referensi

Adriyanto, A. T., Saddewisasi, W., & Prasetyo, A. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana Berbasis Microsoft Excel Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 3(2), 46-52.

Aulia, R., & Taufik, R. R. (2022). Upaya Digital Influencer Dalam Promosi Produk Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(2), 46-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2020). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 50-57.

Harto, B. (2020). Pelatihan pembuatan business plan menggunakan aplikasi excel bagi UMKM Juara Kota Bandung. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 18-22.

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1)

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135-144

Pantow, A., Walukow, I. M., Maradesa, C., & Limpeleh, E. A. (2021). Desain Laporan Keuangan Umkm Berbasis Microsoft Excel Pada Sunshine Laundry. Jurnal Bisnis Terapan, 5(2), 271-286.

Pramesti, D. C. S., Siyami, N., & Arini, A. (2024). Strategi Iklan Online (Studi Iklan Shopee di Media Sosial). Prospect: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 01-15.

Rahmadanti, A. R., Aditasari, K., & Wibawa, B. M. (2021). Efektivitas strategi iklan dengan menggunakan Instagram ads untuk meningkatkan penjualan dan branding produk: Studi kasus Privet. id. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1), 489342.

Susilawati, A. D., & Solehatun, F. (2023). Peran Influencer Dan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Pada Suatu Brand. ANALISIS, 13(1), 52-6

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Putra, G. B. B. ., & Tiana, P. P. . (2025). UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KINERJA PERUSAHAAN DIBIDANG PEMASARAN DAN PEMBUKUAN DI INI WEAR SANUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 277–281. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11648