OPTIMALISASI PELAYANAN DAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MENCIPTAKAN SDM KREATIF DAN ADAPTIF PADA LAXMII STORE

Penulis

  • I Komang Suryadnya Diputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Siskayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pelayanan, Pemasaran Digital, Media Sosial

Abstrak

Peningkatan persaingan pasar dan perkembangan teknologi mendorong pengusaha untuk beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang semakin selektif. Laxmii Store, sebuah usaha fashion di Kota Denpasar, menghadapi beberapa masalah, seperti kurangnya keterampilan komunikasi dalam pelayanan pelanggan, kesulitan dalam pengelolaan stok, dan kurangnya pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang meliputi pelatihan keterampilan pelayanan pelanggan, pengembangan sistem manajemen stok berbasis digital, dan pengoptimalan pemasaran melalui media sosial. Hasilnya, pelatihan berhasil meningkatkan keterampilan komunikasi karyawan, yang berdampak positif pada kepuasan pelanggan. Pengembangan sistem stok berbasis digital meningkatkan efisiensi pengelolaan persediaan, sementara penggunaan media sosial yang lebih optimal meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Dengan demikian, pengabdian ini berhasil memberikan kontribusi dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha Laxmii Store di pasar yang semakin kompetitif.

Referensi

Erislan. (2024). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital. Makassar: Mitra Ilmu.

Purnamasari, P., Rahmadani, A., Aulia, S. S., Gemilang, G., & Abdullah, A. (2025). Analisis Pengembangan UMKM Warung Sembako Toko Ayu. JLP : Jurnal Lentera Pengabdian, 03(01), 1–7.

Rahardjo, D. A. S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Safa’atin, H. N., Muhimudin, & Abidin, M. I. (2024). Pengembangan Digital Marketing Dan Sumber Daya Manusia Kreatif Terhadap Ekowisata Silowo Tuban. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3673–3680.

Saitri, P. W., & Putri, A. Y. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Dan Pembuatan Kartu Stok Barang Pada Toko Anugrah Dewata Di Sading Sempidi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(November), 756–760.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Diputra, I. K. S. ., & Siskayanti, N. P. . (2025). OPTIMALISASI PELAYANAN DAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MENCIPTAKAN SDM KREATIF DAN ADAPTIF PADA LAXMII STORE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 260–265. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11645