PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERNAL DAN KEPATUHAN TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN DI PRADHA VILLAS SEMINYAK

Penulis

  • I Komang Oka Permadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Lisariani Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Via Lailatur Rizki Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

SOP, Komunikasi Internal, Pelayanan Tamu, Hospitality

Abstrak

Pelayanan yang berkualitas dalam industri hospitality sangat bergantung pada kepatuhan terhadap standar operasional prosedur (SOP) dan komunikasi internal yang efektif antar staf. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Pradha Villas Seminyak dengan mengoptimalkan komunikasi dan penerapan SOP. Melalui serangkaian tahapan pengabdian masyarakat, termasuk observasi, sosialisasi, dan pendampingan intensif, program ini berfokus pada pengembangan prosedur komunikasi yang jelas antar departemen dan penerapan SOP secara konsisten. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman staf mengenai SOP, komunikasi yang lebih efektif dalam penanganan keluhan tamu, serta feedback positif dari tamu. Program ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan berkelanjutan dalam sistem evaluasi internal dan koordinasi antar staf.

Referensi

Ansyori, A. (2021). Analisis komunikasi efektif petugas kesehatan dalam peningkatan kepuasan pelayanan kesehatan Indonesia. Indonesian Journal of Health Information Management, 2(2).

Ekaputra, O. C., & Fatmawati, Y. (2022). Kepatuhan pelaksanaan standar operasional (SOP) pemasangan infus dengan kejadian phlebitis di Kudus. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 5(1), 9–20. https://doi.org/10.35473/ijnr.v5i1.1424

Nabilla, D. R., & Hasin, A. (2022). Analisis efektivitas penerapan standard operating procedure (SOP) pada departemen Community & Academy RUN System (PT Global Sukses Solusi Tbk). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 58–75.

Nasir, A., Purnomo, E., & Sudarta, I. M. (2022). Pengaruh penyuluhan standar operasional prosedur proses pelimpahan wewenang terhadap kepatuhan melaksanakan tindakan keperawatan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 419–428.

Permadi, I. K. O., Puspitawati, N. M. D., Usadi, M. P. P., & Lisnawati, N. K. (2023). Optimalisasi kinerja pegawai & transparansi dalam penggunaan dana BOS melalui sistem kerja sesuai SOP pada SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(2), 850–856

Usman Kombih, S., Devi Fitriani, A., & Simanjorang, A. (2020). Analisis kepatuhan perawat terhadap penggunaan standar prosedur operasional (SPO) keperawatan di IGD RSUD Kota Subulussalam. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 136–142. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1083

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Permadi, I. K. O. ., Putri, N. K. L. ., & Rizki, V. L. . (2025). PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERNAL DAN KEPATUHAN TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN DI PRADHA VILLAS SEMINYAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 222–229. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11637