STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PEMBELIAN SPAREPART PADA PERUSAHAAN PT. SINTA MARINE CITAPRASADA CABANG SANUR
Kata Kunci:
Pelayanan Pelanggan, Pengiriman, Evaluasi LayananAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan efisiensi pengiriman di perusahaan PT. Sinta Marine Citaprasada Cabang Sanur melalui penerapan strategi layanan pelanggan yang lebih cepat dan ramah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan pelatihan bagi staf untuk meningkatkan responsivitas dalam menjawab pertanyaan pelanggan serta membangun sikap ramah dan murah senyum dan tahap pelaksanaan, fokus diberikan pada mempercepat pengiriman dengan memperbaiki sistem pengiriman dan menjalin kerjasama dengan jasa pengiriman yang lebih cepat, seperti Lion Parcel dan JNT. Evaluasi layanan dilakukan secara rutin dengan memantau kualitas layanan dan kecepatan pengiriman melalui survei kepuasan pelanggan serta memantau keluhan yang masuk. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan juga memberikan diskon khusus bagi pelanggan setia. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan dalam kepuasan pelanggan serta efisiensi pengiriman yang lebih baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan strategi layanan pelanggan yang responsif dan perbaikan sistem pengiriman berhasil meningkatkan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan. Kegiatan ini menegaskan pentingnya adaptasi terhadap kebutuhan pelanggan untuk mencapai kepuasan yang lebih tinggi dan meningkatkan daya saing perusahaan.
Referensi
Agus Jamaludian, d. (2023). Pengaruh Kecepatan Pengiriman dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PT Sicepat Ekspres. Universitas Indraprasta PGRI, Vol 13, No.3, (276)
Alexander, d. (2024). Pengaruh Biaya Pengiriman, Kecepatan Pengiriman, dan Akurasi Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan pada Masyarakat Pengguna Jasa Pengiriman JNE Express di Kecamatan Neglasari. EMABI : Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol 3, No.1, (3).
Prihastono, E. (2012). Pengukuran Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayananan Customer Service Berbasis Web. Dinamika Teknik, Vol 6, No 1