OPTIMALISASI AKUN INSTAGRAM DAN PENGGUNAAN SHOPEE DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT AUDIENS PADA PERUSAHAAN CLOTHING BRAND GELSEYROOMS

Penulis

  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Eni Puspa Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Media Sosial, Engagement Audiens

Abstrak

Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di perusahaan clothing brand Gelseyrooms, yang berlokasi di Renon, Denpasar Selatan. Permasalahan yang dihadapi perusahaan meliputi kurang optimalnya pengelolaan media sosial seperti Instagram dan Shopee, yang berdampak pada rendahnya engagement audiens, kurangnya evaluasi pasar, dan belum maksimalnya penggunaan strategi iklan digital. Solusi yang ditawarkan mencakup optimalisasi penggunaan fitur Shopee (flash sale, voucher, gratis ongkir), pembaruan profil media sosial, serta peningkatan kualitas konten dan jadwal posting yang konsisten. Program kerja ini dilaksanakan melalui dua metode utama, yakni metode pendampingan dan pelatihan yang melibatkan pemilik dan karyawan secara aktif. Kegiatan pengabdian berlangsung dari 20 Februari hingga 7 April 2025 dan mencakup evaluasi akun, perencanaan strategi konten, serta pelatihan penggunaan fitur digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengelolaan media sosial, baik dari segi visual, keterlibatan audiens, hingga pemanfaatan fitur platform secara maksimal. Kesimpulannya, strategi digital yang terarah dapat meningkatkan brand awareness dan pendapatan usaha. Saran diberikan agar karyawan konsisten dalam pengelolaan konten dan terus mengembangkan keterampilan digital agar Gelseyrooms tetap kompetitif di tengah persaingan industri fashion digital.

Referensi

Aprilliani, M. (2023). Membuat jobdesk yang baik dan benar. Glints for Employers

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, & Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku panduan indikator kinerja utama (Issue 021). http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/BukuPanduan-IKU-2021-28062021.pdf

Elvira, Lasminingrat, A., Ramadhania, Savitri, Rustandi, Kasmaniar, Marlina, ..., & Cahyadi, I. F. (2024). Kaidah komunikasi dalam menata bisnis. Penerbit CV. Eureka Media Aksara

Emilia, H. (2022). Bentuk dan sifat pengabdian masyarakat yang diterapkan oleh perguruan tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish

Sariani, N. L. P., & Utami, N. M. S. (2021). Pelatihan dan pendampingan sistem informasi manajemen di era new normal. Community Development Journal, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.33086/cdj.v5i1.1960

Yani, A., Saputri, N. E., Romli, N. F., Zulva, N., Sari, N. I., & Solehudin, N. (2024). Pengembangan digital marketing dalam memperluas pemasaran produk kerajinan ecoprint di Duta Craft Mojoroto, Kota Kediri. Journal of Community Service (JCOS), 2(1), 7–18

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Manek, D. ., & Dewi, K. E. P. . (2025). OPTIMALISASI AKUN INSTAGRAM DAN PENGGUNAAN SHOPEE DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT AUDIENS PADA PERUSAHAAN CLOTHING BRAND GELSEYROOMS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 186–193. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11629