PROMOSI AKSES SEMBAKO MURAH SERTA PENGGUNAAN QRIS DI WARUNG BU KADEK
Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, QRIS, Sembako Murah, Inklusi Keuangan, Warung Bu KadekAbstrak
Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mempromosikan akses sembako murah melalui penggunaan QRIS di Warung Bu Kadek. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia, memberikan kemudahan dalam transaksi yang cepat dan efisien. Melalui penerapan QRIS, Warung Bu Kadek berharap dapat menawarkan harga sembako yang lebih terjangkau kepada masyarakat, sekaligus memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran secara non-tunai. Program ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada pemilik warung dan staf mengenai cara penggunaan QRIS, serta mendukung sosialisasi kepada konsumen untuk memanfaatkan sistem pembayaran digital ini. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan aksesibilitas pembelian sembako murah bagi masyarakat, serta meningkatkan transaksi yang lebih cepat dan aman. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar dalam hal kemudahan berbelanja dan meningkatkan inklusi keuangan digital.
Referensi
Abdillah, A. (2021). Strategi Pemasaran Produk Usaha Mikro Di Kabupaten Probolinggo Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 221–241. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V9i1.177
Adhika, I. N. R., & Dewi, N. K. L. P. (2024, November). Implementasi strategi promosi produk ACK Fried Chicken Cabang Silakarang melalui digital marketing dalam meningkatkan keputusan pembelian. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(2), 799.
Krisnantara, K. D., & Dewi, M. S. (2024). Strategi Usaha Kecil Menengah Penjual Sembako Di Desa Kubutambahan Dalam Meningkatkan Keuntungan. E-Jurnal Profit (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 115-121.
Paramita, L., Utari Putri, A., Lazuarni, S., & Ekonomi, F. (2022). Pelatihan Cara Meningkatkan Pendapatan Melalui Pemanfaatan Facebook Sebagai Alternatif Penjualan Pada Pedagang Sembako Di Desa Alai Selatan. 6.
Rimadias, S., Panjaitan, A., Emil, M., & Elnick, S. (2023). Pendampingan Pembuatan Media Promosi Dan Qris Pada Umkm Warung Sembako Pak Fery. Jurnal Publikasi Ilmu Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1). Http://Ejurnal.Stie-Trianandra.Ac.Id/Index.Php/Jupea
Tamrin, M. N., Saputra, M. M., Wardhana, M. R., & Indriani, N. (2022). Pendampingan Umkm Untuk Peningkatan Volume Penjualan Pada Usaha Toko Sembako “Nadia” Di Sampit. E-Jurnal Profit
Tri Romadhona, N., Casika, A., Lidia, A., Asbari, M., Novitasari, D., Nadeak, M., Hutagalung, D., Nuryanti, Y., Rasyi Radita, F., Wahyuni Asnaini, S., & Tinggi Teknologi Bandung, S. (2023). Journal Of Community Service And Engagement (Jocosae) Penggunaan Sistem Scan Barcode Pada Warung Sembako. Https://Www.Ireappos.Com/Id
Zainarti, Z., Putri, D. A., & Endrico, D. (2024). Strategi Dalam Pengembangan Umkm Warung Sembako Murah Di Jalan Tuamang. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 438-449. Https://Doi.Org/10.61722/Jrme.V1i3.1725