INOVASI PENGEMBANGAN SDM DAN DIGITALISASI TOKO BANGUNAN UD. ARYA PUTRA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN DAYA SAING USAHA

Penulis

  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Kevin Adnya Pratista Martha Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digitalisasi, Pengembangan SDM, SOP Layanan, Pencatatan Keuangan, Motivasi Kerja

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha Toko Bangunan UD. Arya Putra melalui inovasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan digitalisasi. Permasalahan yang dihadapi toko meliputi kurangnya pemanfaatan media sosial untuk pemasaran, pencatatan keuangan yang masih manual, tidak adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) layanan pelanggan, serta rendahnya motivasi kerja karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan beberapa solusi, yaitu pelatihan penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook bagi karyawan, pelatihan pencatatan keuangan menggunakan Microsoft Excel, penyusunan SOP pelayanan dalam bentuk poster, serta implementasi sistem reward berbasis produktivitas bagi karyawan. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan dalam efektivitas pemasaran, efisiensi pencatatan keuangan, kualitas layanan pelanggan, serta motivasi kerja karyawan. Program ini memberikan manfaat nyata bagi keberlanjutan usaha UD. Arya Putra dengan meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing toko dalam menghadapi persaingan di industri bahan bangunan.

Referensi

Dahlan, M. (2017). Pengabdian Masyarakat Dalam Pemberdayaan UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45-60.

Herzberg, F. (2003). One More Time: How Do You Motivate Employees? Harvard Business Review Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Saputra, R. (2020). Pencatatan Keuangan Digital untuk UMKM: Panduan Praktis Menggunakan Excel dan Aplikasi Akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A. (2019). Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi Ilmu Pengetahuan Untuk Kesejahteraan Sosial Dan Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 5(2), 102-118.

Tjiptono, F. (2019). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Publisher.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Jodi, I. W. G. A. S. ., & Martha, N. P. K. A. P. . (2025). INOVASI PENGEMBANGAN SDM DAN DIGITALISASI TOKO BANGUNAN UD. ARYA PUTRA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN DAYA SAING USAHA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 146–151. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11622