PENINGKATAN KUNJUNGAN PELANGGAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN SERTA KEPUASAN LAYANAN DI NINETIES STUDIO

Penulis

  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ninda Parisya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Johny Supriyadi Salim Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kunjungan Pelanggan, Strategi Marketing, Pendapatan, Kepuasan Layanan

Abstrak

Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan dengan pengabdian masyarakat yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa di perguruan tinggi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kunjungan pelanggan dengan melakukan strategi marketing. Kegiatan ini dilaksanakan di Nineties Studio, yang terletak di Desa Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, selama 42 hari dari 24 Februari hingga 7 April 2025. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kunjungan pelanggan melalui penerapan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif, serta untuk mendongkrak pendapatan dan kepuasan layanan. Melalui metode observasi, pelatihan, dan kolaborasi dengan UMKM Sanga Kopi, strategi yang diterapkan mencakup promosi bundling serta pengembangan evaluasi kepuasan pelanggan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengunjung dan kepuasan layanan pelanggan, yang diukur melalui survei. Kegiatan ini juga berhasil membangun sinergi antara Nineties Studio dan Sanga Kopi, yang berdampak positif pada kedua belah pihak. Diharapkan hasil dan rekomendasi dari laporan ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan lebih lanjut dari layanan yang ada di Nineties Studio, serta menginspirasi usaha-usaha kecil lainnya dalam menerapkan strategi marketing yang efektif.

Referensi

Agustin, S., & Rusmayanti, D. S. (2021). The Influence of The Electronic Word of Mouth in Tiktok on Consumer Buying Interest in Shopee in The Era of the Covid-19 Pandemic in Bandung City. International Journal Administration, Business & Organization, 2(3), 31-38.

Alief, A. S., & Asmayanti. (2024). Efektivitas Strategi Pemasaran Metode Giveaway Melalui Konten Kolaborasi Media Sosial Instagram: Studi Pada Usaha Kaku Food. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies, 4(4).

Almar, Buchori. (2001). Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.

Denpasar, L. U. (2023). Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Denpasar: LPPM Unmas.

Ferinia, R., Tanjung, R., Purba, B., Lestari, N., Mastuti, R., Utami, N. R., Murdana, I. M., Suwandi, A., Mistriani, N., & Fitriyani, E. (2021). Perilaku Konsumen Kepariwisataan. Yayasan Kita Menulis.

Harfaina, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing,Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek SA ’ I Yogyakarta). JurnalFakultas Ekonomi, 581-591.

Husniyah, N., & Kadariah, S. (2024). Innovative The Influence of Promotion on Instagram, Lifestyle and Halal Labeling on Wardah Cosmetics Purchasing Decisions among Consumers at Medan Fair Plaza (Case study at the Fendy cosmetics store in Pulo Brayan). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1)

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Sri, Ayu, Ramadhani (2022). Analisis Peran Pengembangan Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dan Kaitannya Pada Pencapaian Sustainable Development Goals (Studi Kasus Desa Wisata Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang). JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI) Vol. 2, No. 3 Juli 2022 Page 617-625 E-ISSN: 2774-4221

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Suardhika, I. N. ., Dewi, N. P. N. P. ., & Salim, J. S. . (2025). PENINGKATAN KUNJUNGAN PELANGGAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN SERTA KEPUASAN LAYANAN DI NINETIES STUDIO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 84–90. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11612