PENGEMBANGAN LAYANAN KONSUMEN DAN EFISIENSI OPERASIONAL MELALUI DIGITALISASI DI NINETIES STUDIO

Penulis

  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Bertha Widyani Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengembangan Layanan, Operasional, Digitalisasi

Abstrak

Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nineties Studio, sebuah self-photo studio berlokasi di Jalan Raya LuklukSempidi, Kabupaten Badung yang menawarkan layanan 3P (Photo Studio, Photobox, dan Photobooth) dan sudah berdiri sejak 2022. Dalam era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan akses informasi yang cepat, sektor bisnis juga diharapkan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Meskipun permintaan terus meningkat, studio ini menghadapi beberapa masalah seperti ketidakoptimalan sistem antrean, kualitas layanan yang belum maksimal, pemeliharaan alat yang buruk, pemasaran yang kurang efektif, serta pengelolaan inventaris yang tidak efisien. Melihat situasi tersebut, pengabdian masyarakat dari Universitas Mahasaraswati Denpasar datang dengan tujuan membantu mengoptimalkan sistem antrean, meningkatkan kualitas layanan, pemeliharaan alat, pemasaran digital, serta pengelolaan inventaris berbasis perangkat lunak. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan Nineties Studio.

Referensi

Andriani, Y. A., Purnamaningsih, N., & Satriyono, G. (2018). Pengaruh Penerapan SOP (Standard Operating Procedure) Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 156-166.

Atmawati, R dan M, Wahyudin. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Surakarta: Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Erwin, E., Riswanto, A., Sepriano, S., Zafar, T. S., & Dewi, L. K. C. (2023). SOCIAL Media Marketing: Analytics & Mastering the Digital Landscape. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hermanto MZ, IrnandaPratiwi, Tolu Tamalika, & Iskandar Husin. (2019). Analisis Sistem Antrian Dengan Metode Simulasi. Jurnal Desiminasi Teknologi, 7(1), 51–59.

Paraswati, S. D., Morasa, J., & Gamaliel, H. (2021). "Analisis Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Dagang Pada Pt. Hasjrat Abadi Cabang Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1).

Salim Siregar, I., Leli, N., Tri Handayani, R., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai alat komunikasi massa dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.

Septiani, D. T., Nursanti, E., & Galuh, H. (2020). Analisa Peningkatan Produktifitas Dengan Menggunakan Metode TPM Berdasarkan Nilai OEE Dan Losses Mesin Di Advertising OZY Bisa. 3(2), 41-45.

Sosial, J., Rachmalia, R., & Rizqina, N. (2024) Integrasi sosial media dalam strategi digital marketing sebagai wadah promosi bisnis kudapan Nini. Jurnal Sosial & Abdimasyarakat, 11–18.

Wanti, L. P., Maharrani, R. H., Wachid, N., & Prasetya, A. (2020). Optimation economic order quantity method for a support system reorder point stock. 10(5), 4992–5000.

Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi instagram sebagai sarana promosi bisnis online: Sebuah studi pada akun warung mamak. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 1-9.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Astiti, N. P. Y. ., & Putri, K. B. W. . (2025). PENGEMBANGAN LAYANAN KONSUMEN DAN EFISIENSI OPERASIONAL MELALUI DIGITALISASI DI NINETIES STUDIO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 63–70. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11608