PENGEDUKASIAN DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MARKETING DI UD. IWAN (Jolly Nice Lollies)

Penulis

  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Desy Fridayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Triska Dewi Pramitasari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

strategi pemasaran, media digital, foto produk

Abstrak

Saat ini, media digital merupakan salah satu strategi pemasaran yang bisa dikatakan sangat strategis karena memiliki kemampuan untuk menjangkau konsumen dalam jumlah besar secara cepat melalui bantuan teknologi. Melalui media digital, informasi terkait suatu bisnis dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Ditambah sebelum meminati suatu produk atau jasa, tentu konsumen terlebih ingin melihat gambar datau foto produk maupun jasa tersebut. Dengan adanya foto produk yang menarik dapat mempengaruhi minat seseorang untuk lebih dalam mengenali produk. Seperti yang terjadi pada UD. Iwan (Jolly Nice Lollies) turunnya omset penjualannya dikarenakan kurangnya pemahaman dalam memanfaatkan media digital serta konsumen yang datang masih bingung dalam memilih menu untuk varian rasa yang ditampilkan dikarenakan tidak terdapat gambar produk makanan. Melihat kondisi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memotivasi para karyawan dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan media digital untuk meningkatkan pemasaran produk. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, luaran yang diharapkan yaitu mampu memahami pemanfaatan media digital sebagai sarana strategi marketing dalam memasarkan suatu produk dan cara menginovasi desain daftar varian rasa es pada suatu produk. Sehingga dapat membantu meningkatkan omset penjualannya.

Referensi

Fadilah, N. (2020). Pengertian , Konsep , dan Strategi Pemasaran Syari ’ ah. 1(2).

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.47679/ib.202176

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan The Role Of Product Photos As Promotional Media To Increase The Sales Volume Of UKM Karangan Village Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Sri Mulyani, Y. dkk. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 3. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI

Tawami, T., & Purwani, R. (2022). Jurnal Pengabdian Bidang Sosial dan Humaniora ( ABSAH ) VOLUME 1 NO 1 Maret 2022. Pengabdian Bidang Sosial Dan Humaniora (ABSAH), 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Widnyana, I. W. ., Fridayanti, N. P. D. ., & Pramitasari, T. D. . (2025). PENGEDUKASIAN DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MARKETING DI UD. IWAN (Jolly Nice Lollies). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 40–45. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11604