MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PADA CV. BHUMIMI SEJAHTERA ABADI
Kata Kunci:
Kinerja Karyawan, Pelatihan & Pengembangan, Efisiensi Operasional, PelangganAbstrak
Bhumimi Kebaya merupakan usaha mikro kecil menengah yang bergerak pada bidang ritel busana adat bali. Bhumimi Kebaya berdiri mulai pada tahun 2015.Banyaknya acara keagamaan di Bali membuat permintaan akan Busana Adat meningkat. Permintaan yang cukup banyak tetapi proses jahit busana adat yang cukup memakan waktu,menjadi inspirasi bagi pemilik Bhumimi Kebaya untuk menjual produk jadi busana adat Bali. Dengan meningkatkan kinerja maupun pelayanan yang baik akan menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dan akan menjamin keberlanjutannya. Perusahaan harus selalu melihat kinerja para karyawan. Hasil performa karyawan ini dapat dilihat dari aspek kualitas, kuantitas, waktu dan kerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Semuanya tergantung pada kuantitas dan waktu yang digunakan karyawan dalam menjalankan tugas. Dan tidak lupa hal yang terpenting dari suksesnya sebuah perusahaan dapat dilihat dari bagaimana para karyawan melayani customer dengan baik hingga customer merasa nyaman akan pelayanan yang diberikan terhadap perusahaan. Dan yang menjadi keinginan pelanggan adalah salah satu kewajiban bagi perusahaan untuk membuat keinginan customer yang harus dipenuhi. Ini dapat menjadi acuan bahwa sebagaian dari pelanggan melakukan pembelian ulang (repeat order) dengan terus membeli Busana Adat Bali di Bhumimi Kebaya secara berkala. Sampai saat ini Bhumimi Kebaya masih mendapat beberapa keluhan pelanggan yang masih jauh dari harapan yang diinginkan terkait kenyataan layanan yang diberikan oleh perusahaan seperti dalam hal Kurangnya memberikan pelayan terbaik Kepada pelanggan seperti : Masih adanya beberapa staff yang tidak memberikan service terbaik kepada customer. Pelanggan menjadi kurang merasa yakin dengan perusahaan ini dalam hal ini menjadi salah satu penyebab adanya penurunan jumlah pelanggan.
Referensi
Kusumawati, D., & Hidayati, N. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 12(1).
Siswanto, A., & Mahfud, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Pelatihan dan Pengembangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2).
Sudirman, H., & Salim, S. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Teori dan Praktik. Edisi ke-2. Jakarta: Rajawali Pers.