MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN KUMA COFFEE TIBUBENENG MELALUI SERVICE EXCELLENCE

Penulis

  • Putu Diah Kumalasari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nyoman Parta Diguna Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ratih Nurmalasari Universitas Pendidikan Nasional

Kata Kunci:

Loyalitas, Pelanggan, Service Excellence

Abstrak

Service excellence adalah faktor kunci dalam suatu keberhasilan perusahaan. Pelayanan yang unggul mampu menciptakan pengalaman konsumen yang lebih menyenangkan dan memuaskan. Kegiatan pegabdian kepada masyarakat pada Kuma Coffee Tibubeneng ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karyawan terkait service excellence dalam rangka membentuk loyalitas konsumen Kuma Coffee. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa terdapat masalah-masalah yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen, sehingga dapat mengurangi jumlah konsumen yang kembali berkunjung, dan pada akhirnya mempengaruhi pendapatan serta keberlangsungan bisnis secara keseluruhan. Melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan, pemahaman karyawan terkait service excellence untuk membentuk loyalitas konsumen Kuma Coffee Tibubeneng telah berhasil ditingkatkan.

Referensi

Maulyan, F. F., Yuniati Drajat, D., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8-17. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660

Murti, N. P. M. A., Primadona, I. A. L., Anggraini, N. P. N., Kepramareni, P., & Rustiarini, N. W. (2024). Penerapan Service Excellence dalam Pelayanan pada LPD Desa Adat Kukuh. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 104–110. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4386

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524–7532. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7422

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Kumalasari, P. D., Diguna, N. P. ., & Nurmalasari, M. R. . (2024). MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN KUMA COFFEE TIBUBENENG MELALUI SERVICE EXCELLENCE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 1124–1132. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10484