UPAYA PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN DAN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KONSISTENSI DI USAHA THE SNACKRISIS

Penulis

  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Fredirius Kasman Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Standar Operasional Prosedur (SOP), pelayanan, produksi, kualitas, The Snackrisis

Abstrak

The Snackrisis, sebuah usaha keripik pisang yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali, menghadapi berbagai tantangan terkait penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelayanan dan produksi. Masalah utama yang diidentifikasi meliputi ketidakkonsistenan penerapan SOP dan kualitas fasilitas serta standar pelayanan yang tidak memadai. Observasi dan wawancara dengan pemilik serta karyawan mengungkapkan adanya kekurangan dalam pelatihan, dokumentasi SOP yang tidak lengkap, serta pengawasan yang lemah. Sebagai solusi, program perbaikan dilakukan dengan langkah-langkah seperti penyusunan dan pembaruan dokumentasi SOP, pengembangan dan pelaksanaan pelatihan karyawan, serta optimalisasi fasilitas produksi. Pengawasan rutin dan evaluasi juga diterapkan untuk memastikan kepatuhan terhadap SOP dan peningkatan kualitas produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi produksi, konsistensi kualitas produk, dan kepuasan pelanggan, yang didukung oleh partisipasi aktif dari owner dan karyawan. Program ini berhasil meningkatkan kinerja The Snackrisis, memperkuat posisi usaha di pasar, dan mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Referensi

Bachrie, E. F., Rachmawati, N., Al Fitri, S., Rahmawati, N. L., Aini, D. N., & Adiyanto, M. R. (2024). Penerapan Sistem Pencatatan Keuangan Pada UMKM Donat Bunda Al Di Surabaya. Jurnal Riset Akuntansi, 2(3), 85-95.

Putra, I. D. M. A. P., Putra, I. G. C. dan Parwati, N. K. N. 2022. Pembuatan SOP Pelayanan dan Produksi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Yang Berkualitas Pada Ngocok Es Kopi Batubulan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 1(1), 520-527.

Rahmawati, F., & Suryana, N. N. (2024). Pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Konsistensi Operasional Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini, 1(3), 01-15.

Sudadio, M. P. (2024). Manajemen Desain Mutu Terpadu Jasa Pendidikan: Upaya Sentral dan Strategis dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. Jakad Media Publishing.

Udien, F. C. 2018. Jimat Cafe (Standard Operating Procedure) Cafe & Coffeeshop: Pedoman Dasar Para Wirausaha & Entrepreneur Bidang Kuliner. Malang: MLG Konsultan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Ernawatiningsih, N. P. L. ., & Kasman, F. (2024). UPAYA PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN DAN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KONSISTENSI DI USAHA THE SNACKRISIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 1048–1055. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10450