PENERAPAN SISTEM PACKING MENGGUNAKAN STIKER INTERAKTIF DAN OPTIMALISASI SISTEM PENJUALAN PADA UMKM D’CAKES BALI
Kata Kunci:
Stiker Packaging, Kartu Stok BarangAbstrak
D’Cakes Bali adalah toko kue yang berada di jalan Sedap Malam No.100, Denpasar, Bali. D’Cakes berdiri sejak tahun 2017, namun dulunya mereka hanya bejualan secara online dengan sistem pre-order hingga tahun 2022 mereka akhirnya bisa membuka toko kue secara offline store. Mereka menjual segala jenis cake ulang tahun dari mulai cake standar hingga cake custom, toko ini dikelola oleh Dwi Sampurna Madyani. tidak ada penggunaan label pada packaging sebagai sarana promosi sehingga pelanggan tidak mengenal toko dengan lebih luas dan tidak adanya pencatatan stok barang secara fisik dalam pembackupan data. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, metode yang digunakan adalah metode observasi, implementasi langkah-langkah dan evaluasi. Masalah ini dapat diselesaikan dengan beberapa solusi seperti dukungan dan pelatihan untuk membuat stiker pada packaging dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan pelanggan terhadap adanya toko kami, serta pembuatan kartu stok barang dalam upaya pencatatan stok barang yang lebih optimal. Dalam hasil dari kegiatan pelayanan masyarakat ini, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan program kerja yang direncanakan dengan 100% pencapaian.
Referensi
Ananto, D. S. (2009). buku pintar membuat Cake. DeMedia.
Apsari, M. T. P. L.N., & Putra, N. W. B. N. I. 2022. Strategi Pemasaran Upaya Untuk Meningkatkan Penjualan Bimbingan Belajar Giat Di Daerah Legian. Lokatara Saraswati: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 2, pp. 66-71
Purwianti, L., & Enjelica, E. (2024). Penerapan Marketing Mix pada UMKM Toko Kue Dewi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1531-1538.
Saitri, P. W., & Putri, A. Y. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Dan Pembuatan Kartu Stok Barang Pada Toko Anugrah Dewata Di Sading Sempidi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 1, No. 2, pp. 688-693).