PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI KINERJA PEMASARAN DAN PEMBUKUAN DITOKO ANDRA PLASTIK

Penulis

  • I Gede Cahyadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Angga Purnamayanta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gine Das Prena Universitas Pendidikan Nasional

Kata Kunci:

Perusahaan, pelaporan kas, berbasis komputer, Produk, Sosial Media

Abstrak

TOKO ANDRA PLASTIK adalah sebuah usaha yang berfokus pada penjualan berbagai produk berbahan plastik, Styrofoam, dan karton. Didirikan pada tahun 2022 oleh Bapak Anthonius Taneo, TOKO ANDRA PLASTIK telah menjadi mitra terpercaya bagi para pelaku UMKM di sekitar wilayah operasionalnya. Sebagai suplier, TOKO ANDRA PLASTIK menyediakan berbagai kebutuhan yang esensial untuk kelancaran operasional UMKM, mulai dari kemasan plastik, Styrofoam untuk berbagai keperluan, hingga karton yang digunakan untuk pengemasan produk. Melihat adanya permasalahan yaitu masih melakukan pencatatan transaksi secara manual yang membuat kurang episiennya serta  penurunan adanya interaksi dengan konsumen melalui pemasaran yang mengakibatkan adanya pemasaran produk yang bermasalah. Oleh karena itu setelah ditelusuri dikarenakan adanya kurang pemanfaatan digita dalam laporan keuangan Perusahaan serta  promosi secara online yang belum berjalan dengan maksimal. Hal ini diperlukan adanya pembaruan untuk menunjang keberhasilan Perusahaan. Yang meliputi pelaporan kas berbasis media komputer serta pengembangan pada media sosial dalam pemasaran

Referensi

Dewi, N. N. S., Rustiarini, N. W. (2024). Implementation of Corporate Social Responsibility to Realize Prosperity for the Community. Journal of Economics, Finance and Management Studies. 7. 5532-5535.

Iskandana, N. C. D., Salsabila, N. A., Apriliana, S., Nisak, A., Ananta, A. A., Wijaya, M., ... & Santoso, R. (2024, June). Sosialisasi Optimalisasi Usaha melalui Digital Marketing dan Aplikasi Pembukuan Digital di Kelurahan Pesantren Kota Kediri. In Proceedings of The National Conference on Community Engagement (Vol. 1, pp. 73-79)..

Jarwa, T. (2023). Optimalisasi UMKM Melalui Disiplin Manajemen Akuntansi Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Dan Pemasaran Di Era Digital. CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(03), 1-7. Herdiyani, S., Barkah, C. S. A., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan media sosial dalam mengembangkan suatu bisnis: Literature review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103-121.

Tono Rianto, T. R., & Mudayat, M. (2024). LAPORAN MAGANG-PENGENALAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING DAN MYOB DENGAN BISNIS MODEL CANVAS MASYARAKAT PRODUKTIF NELAYAN DESA SIDOKUMPUL LAMONGAN PROGRAM PKM HIBAH 2023 (Doctoral dissertation, STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya).

Mahaputra, I N. K. A., Sapta, I K. S. and Dewi, N. N. S. (2023). Determinant of Earning Management. Proceedings International Public Sector Conference (IPSC).

Novyanti, D. Q., Nursyabani, R. A., Karyadi, K., & Abdussalaam, F. (2022). Perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas di Star Glam Bandung. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(11), 4893-4903.

Pasaribu, M. S., Nurlenawati, N., & Triadinda, D. (2024). Strategi Konten Marketing pada Media Sosial Instagram sebagai Strategi Pemasaran Digital Sate Taichan Senayan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), 327-336.

Pratiwi, R. D. (2012). Menyusun laporan keuangan sederhana dengan Microsoft excel. Media Ekonomi & Teknologi Informasi, 19(1), 504927.

Pramartha, I. M. A., Aryasa, I. P. G. C. A., & Dewi, A. A. I. K. G. (2023). Optimalisasi Pembukuan dan Pemasaran Berbasis Digital Kelompok Industri Kecil Menengah Pengrajin Perak di Desa Batubulan. International Journal of Community Service Learning, 7(3), 308-317.

Primadona, I. A. L., Rustiarini, N. W., Putra, I. G. C., Yuesti, A. (2024). Increasing Accounting Competency and Financial Reporting in Village Crediting Institution. Asian Journal of Community Services (AJCS), 3(1). 173-180.

Putra, I G. C., Mariati, N. P. A. M., and Murti, N. P. M. A. (2023). The Influence of Intellectual Capital on The Profitability and Value of Banking Companies Listed on The Indonesian Stock Exchange. Proceedings International Public Sector Conference (IPSC).

Ramadhan, T. S., Primanto, A. B., & Mustapita, A. F. (2024). Teori Analisis Data dengan Isu Terkini: Penggunaan Excel.

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran media sosial dalam mendukung pemasaran produk organisasi bisnis. IKRAITH-EKONOMIKA, 1(2), 25-30.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163-179.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Putra, I. G. C. ., Purnamayanta, I. P. A., & Prena, G. D. . (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI KINERJA PEMASARAN DAN PEMBUKUAN DITOKO ANDRA PLASTIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 977–982. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10437