PEMBUATAN PEMBUKUAN SEDERHANA MELALUI MICROSOFT EXCEL SERTA PENINGKATAN STRATEGI PROMOSI ONLINE PADA MAE-MAE SHOP
Kata Kunci:
Mae-Mae Shop, Pembukuan Sederhana, Promosi OnlineAbstrak
Mae-Mae Shop adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sanur, Bali pada tahun 2014. Fokus utamanya adalah menjual souvenir dan oleh-oleh khas Bali, yang awalnya berpusat pada produk tekstil seperti pillowcase, bedcover, dan curtain. Seiring waktu, Mae-Mae Shop berkembang dengan menawarkan beragam produk lokal untuk menarik minat turis mancanegara. Namun, usaha ini menghadapi masalah dalam pembukuan dan strategi pemasaran online. Pembukuan masih dilakukan secara manual menggunakan nota dan kwitansi, yang berisiko menyebabkan ketidak akuratan dan hilangnya data. Selain itu, promosi online melalui media sosial seperti Instagram belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini, Mae-Mae Shop menerapkan solusi berupa pengoptimalan pembukuan harian menggunakan Microsoft Excel, yang memungkinkan pencatatan yang lebih rapi dan terstruktur. Karyawan juga diberikan pendampingan agar mampu melakukan pembukuan secara digital. Di sisi pemasaran, strategi promosi melalui Instagram diperbaiki untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi dengan pelanggan. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan, kerapian pembukuan, dan efisiensi operasional Mae-Mae Shop, sekaligus memperluas jangkauan pasar melalui promosi online yang lebih baik.
Referensi
Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). Optimalisasi pemasaran digital berbasis media sosial untuk meningkatkan penjualan UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4888–4896. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11216
Armanto, R., & Gunarto, M. (2022). Analisis dampak media sosial terhadap penjualan perumahan: Studi empiris penggunaan iklan Facebook dan Instagram. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i1.626
Budanti, N. P. L., & Rustiarini, N. W. (2024). Implementation of the CSR program based on tri hita karana. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.35906/equili.v13i1.1961
Erstiawan, M. S., & Alifianto, A. Y. (2021). Pemanfaatan Google Spreadsheet penjualan pada Warung Majapahit di Mojokerto. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 50–57.
Febriandirza, A., & Saraswati, A. M. (2022). Pelatihan Microsoft Excel dalam penyusunan laporan keuangan bagi siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok. Abdi Reksa, 3(1), 9–15.
Gama, A. W. S., Rustiarini, N. W., & Anggraini, N. P. N. (2018). Imaging and purchasing decision in traditional art market. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5(2), 175–185.
Jones, N., Borgman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/JSBED-09-2013-0133
Kusumawati, F., Sambharakreshna, Y., Wulandari, A., & Hamzah, A. (2023). Penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi Excel for Accounting (EFA) pada BUMDes Alas Musim Kabupaten Bangkalan. Journal of Economics Community Service, 1(2), 90–97. https://ejournal.ecodepartment.org/index.php/jecs/article/view/24
Pardede, J. F., Nugroho, L., & Hidayah, N. (2022). Analisa urgensi digitalisasi dan laporan keuangan bagi UMKM. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1531–1542. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/4340/3179
Primadona, I. A. L., & Rustiarini, N. W. (2024). Challenges and benefits of implementing corporate social responsibility in MSMEs. Jurnal Inovasi Akuntansi (JIA), 2(1), 47–53.
Rustiarini, N. W., & Sujana, I. W. (2022). Edukasi pariwisata dan literasi keuangan dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan di Desa Serangan. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(6), 640–649. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.10778
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–8.