PENGUATAN PROGRAM KEAGENAN SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PENJUALAN JASA PADA MAIGEIWO EXPRESS
Kata Kunci:
Keagenan, Penjualan Jasa, Peningkatan Volume KirimanAbstrak
Jasa pengiriman saat ini semakin memainkan peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan global. Untuk memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan efisiensi operasional, banyak perusahaan pengiriman yang mulai membuka program keagenan. Program ini tidak hanya memperkuat jaringan distribusi, tetapi juga memberikan peluang bagi mitra lokal untuk berkontribusi dalam pertumbuhan bisnis. Penelitian ini membahas sebuah program keagenan mampu meningkatkan penjualan jasa dengan memperluas jaringan agen dan didukung oleh agen-agen yang memberikan pelayanan sesuai SOP yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diperluasnya agen di seluruh wilayah di Indonesia akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengiriman barang sehingga ini akan berpengaruh pada peningkatan volume kiriman dan peningkatan penjualan jasa. Selain itu, dengan agen yang memberikan pelayanan sesuai dengan SOP akan membawa dampak positif pada citra perusahaan dan kepuasan pelanggan.
Referensi
Khalifah, A. D., Ravencies, R., Ozali, I., & Dewi, N. R. 2021. “Delay Factor in Delivery of Goods Door To Door Lion Parcel Branch of Taman Sari, Jakarta.” Advances in Transportation and Logistics Research 5778: 914–23.
Ngatikoh, and Faqih. 2020. “Kebijakan Ekspor Impor : Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.” LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 4(1): 68–93. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/lab/article/view/269.
Nurmala, Aulia Chandra Widya, and H.M. Thamrin. 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan.” Journal of Economics, Assets, and Evaluation 1(1): 1–13. doi:10.47134/jeae.v1i1.24.
Susanto, Bagus, and Fani Khoirotunnisa. 2024. “Pengenalan Fitur Free Pickup Service Pada Aplikasi ‘PosAja’ Sebagai Upaya Mempermudah Masyarakat Dalam Mengirim Paket.” MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 52–58. doi:10.58184/mestaka.v3i1.257.
Widiati, Wina, and Tubagus Ahmad Farhan Hafian. 2018. “Sistem Informasi Ekspedisi Ekspor Impor Pada PT. Bongsoikrama Lintas Usaha Jakarta.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 6(2): 168–77. doi:10.31294/khatulistiwa.v6i2.161.