PERENCANAAN EVALUASI KINERJA SERTA TATA CARA PENERAPANNYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELATIHAN PROGRAM SISTEM KASIR DAN BACK OFFICE DI QUINOS POINT OF SALES

Penulis

  • Ni Made Indah Mentari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Brigitta Ismi Setyaningrum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Evaluasi Kinerja, Kualitas Pelatihan, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Menurut Showkat (2013), bahwa sistem penilaian kinerja dapat berfungsi sebagai suatu alat evaluasi kinerja yang menyediakan informasi untuk memetakan potensi pegawai perusahaan. Sedangkan penilaian kinerja yang efektif dalam organisasi harus mampu memberikan umpan balik yang diperlukan untuk karyawan dan mengambil tindakan untuk motivasi diri mereka (Ali et al., 2012). Dengan demikian, penilaian kinerja karyawan yang sudah dilakukan oleh pimpinan perusahaan perlu mencari jawaban melalui evaluasi hasil kerja karyawan dari beberapa penilaian kinerja karyawan yang ada dalam perusahaan.Seiring perkembangan jaman, maka akan semakin banyak lagi perusahaan sistem software kasir yang akan berkembang, maka dari itu pegawai harus selalu memperhatikan kinerjanya agar usaha ini tetap bisa berjalan dan berkembang. Quinos POS adalah adalah perusahaan IT yang bergerak di bidang, namun perusahaan ini belum terlalu aktif dalam menata mengenai materi pelatihan yang telah diberikan oleh pegawai maka dari itu pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu mengenai pembuatan formulir pelatihan sistem kasir dan back office baik diterapkan pada perusahaan ini karena akan membantu usaha Quinos Point Of Sales untuk berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat luas karena kinerja pegawai yang tertata dan akan membantu meningkatkan omset penjualan kedepannya.. Quinos Point of Sales berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 419A Denpasar Barat, Bali. Berdasarkan hal tersebut penulis berinisiatif untuk membantu usaha Quinos Point of Sales dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berjudul “Perencanaan Evaluasi Kinerja Pegawai Serta Tata Cara Penerapannya Untuk Meningkatkan Kualitas Pelatihan Program Kasir dan Back Office di Quinos Point of Sales.

Referensi

Showkat S. (2013). Performance appraisal in banking organizations. Journal of Arts, Science and Commerce. Researchers World 3(1): 66–79

Ali SB, Abzari M, Javani M. (2012). The effect of employees performance appraisal procedure on their intrinsic motivation. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2(12): 161–168

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Mentari, N. M. I., & Setyaningrum, B. I. (2024). PERENCANAAN EVALUASI KINERJA SERTA TATA CARA PENERAPANNYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELATIHAN PROGRAM SISTEM KASIR DAN BACK OFFICE DI QUINOS POINT OF SALES. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 829–833. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10400