PENERAPAN STRATEGI CONTENT MARKETING & PENGEMBANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO KASYARAA.CO
Kata Kunci:
Content Marketing, Social Media Marketing, E-Commerce, Digital MarketingAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan di Toko Kasyaraa.co melalui penerapan strategi content marketing dan pengembangan social media marketing. Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan melibatkan pemenuhan kebutuhan alat dan materi, termasuk pembuatan konten yang menarik. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan, strategi content marketing diterapkan dengan merencanakan konten promosi yang terjadwal dan diposting di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Pelaksanaan ini juga mencakup penggunaan e-commerce seperti TikTok Shop untuk promosi lebih lanjut. Evaluasi dilakukan untuk menilai perkembangan toko setelah program kerja berjalan, dengan komunikasi antara pelaku usaha dan mahasiswa yang terus dijaga baik secara langsung maupun daring. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan kemampuan karyawan dalam membuat konten yang menarik dan relevan, serta peningkatan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan strategi content marketing dan pengembangan social media marketing berhasil meningkatkan efektivitas promosi dan penjualan Toko Kasyaraa.co. Kegiatan ini menunjukkan bahwa adaptasi terhadap tren pemasaran digital sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan mencapai target penjualan yang lebih tinggi.
Referensi
Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Berchtold, G., Vveinhardt, J., Channar, Z. A., & Soomro, R. H. (2019). Effectiveness of online digital media advertising as a strategic tool for building brand sustainability: Evidence from FMCGs and services sectors of Pakistan. Sustainability, 11(12), 3436.
Kaur, G. (2020). Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 450-454.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Limandono, J. A. (2017). Pengaruh content marketing dan event marketing terhadap customer engagement dengan sosial media marketing sebagai variabel moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.
Permadi, I. K. O., Dewi, N. K. U. K., & Orlanda, N. P. A. (2024). Peningkatan Branding Pemasaran Melalui Media Sosial dan Optimalisasi Pencatatan Tata Kelola Keuangan Menggunakan Aplikasi Credibook Pada UMKM Kue Gabin Tirta Nadi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 3(1), 416–422.
Pulizzi, J., & Rose, R. (2017). Killing marketing: how innovative businesses are turning marketing cost into profit. McGraw Hill Professional.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Rognerud, J. (2008). Social media marketing beginner’s guide. Retrieved on, 15.
Tuten, T. L. (2023). Social media marketing. Sage publications limited.