UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KERJA STAFF ADMINISTRASI PADA PT. CITRA TEGEH KORI MELALUI KNOWLEDGE SHARING

Penulis

  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Rayhan Maulana Alhafidz Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Knowledge Sharing, Administrasi, Sharing Session

Abstrak

Penulisan laporan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan bagian staff administrasi di PT. Citra Tegeh Kori melalui kegiatan knowledge sharing antar staff serta membantu untuk meingkatkan memampuan dalam menyelesaikan suatu pengajuan manfaat asuransi serta kemampuan berkomunikasi terhadap client. Metode yang digunakan untuk meningkatan pemahaman staff adalah dengan memberikan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan. Metode penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan staff mengenai tugas serta tanggung jawabnya dalam bekerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelatihan kepada staff terkait pemrosesan dokumen administratif telah berhasil ditingkatkan melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, pendampingan,  dan membentuk program Sharing Session sebagai sarana untuk staff administrasi dapat melakukan evaluasi dan mempelajari hal baru terkait kegiatan administratif. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu pimpinan perusahaan yang mendukung kegiatan ini, staff  menerima  dengan  baik  setiap  saran  yang  diberikan  pada  saat  kegiatan pengabdian masyarakat, serta tersedianya fasilitas yang memadai seperti komputer, handphone dan jaringan interner dalam menunjang keberhasilan program tersebut.

Referensi

Da Silva, B. E. F., & Widiastuti, W. (2013). Sistem Informasi Pencatatan Keluhan Pelanggan Menggunakan Pendekatan Uml (Studi Kasus: PT. Astra International Tbk. - Honda Sales Operation). Majalah Ilmiah Matematika & Komputer.

Dwiya, K. G. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Komplain Terhadap Kepercayaan Pelanggan: Studi Kasus Pada Honda Astra Motor. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(1), 75-87.

Grant, K., & Dumay, J. (2015). Leading Issues in Knowledge Management. United Kingdom: ACPIL.

Khaerana, K., & Mangiwa, B. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 163-171.

Kotler, P. & G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Partogi, S. A., & Tjahjawati, S. S. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Milik Pemerintah. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(3), 46-57.

Raharso, S., & Tjahjawati, S. S. (2016). Organisasi Berbasis Pengetahun Melalui Knowledge Sharing. Bandung: Alfabeta.

Simanjuntak, T., & Sitio, V. S. S. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Narma Toserba, Narogong Bogor. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1), 42-54.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi

Widyatmika, M. A., Putra, T., & Indriani, M. N. (2019). Knowledge Management dalam Organisasi. Widya Teknik, 13(02), 1-15.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Manek, D., & Alhafidz, R. M. (2024). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KERJA STAFF ADMINISTRASI PADA PT. CITRA TEGEH KORI MELALUI KNOWLEDGE SHARING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 808–816. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10397