OPTIMALISASI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DAN PENINGKATAN KUALITAS KREDIT: UPAYA PENGENALAN PROGRAM PINJAMAN DI BPR ULATIDANA RAHAYU UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DESA

Penulis

  • I Gede Rihayana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Ayu Mas Liana Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

BPR, Kredit Bermasalah, Peningkatan Kualitas Kredit, Program Pinjaman

Abstrak

PT. BPR Ulatidana Rahayu ini berlokasi di Jl. Prof Ida Bagus Mantra, Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. BPR merupakan lembaga keuangan yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi desa. BPR menyediakan berbagai produk keuangan yang lebih mudah diakses oleh masyarakat pedesaan dibandingkan bank umum. Fokus utama BPR adalah memberikan layanan perbankan kepada segmen masyarakat yang kurang terlayani oleh bank konvensional, seperti pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta petani. enelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penanganan kredit bermasalah dan meningkatkan kualitas kredit di BPR Ulatidana Rahayu sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa. Masalah kredit bermasalah atau Non-Performing Loans (NPL) merupakan tantangan signifikan yang dihadapi oleh BPR dalam menjaga stabilitas dan keberlanjutan operasionalnya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan beberapa program kerja (proker), antara lain yaitu memberikan solusi penyelesaian kredit bermasalah melalui kunjungan langsung dan restrukturisasi kredit, membuat surat peringatan bagi nasabah yang mengalami kemacetan, membantu pembuatan formulir standar pengajuan kredit yang mudah dipahami, dan memperkenalkan program-program pinjaman melalui brosur yang menarik dan mudah dipahami masyarakat.

Referensi

Budi, I. N. (2020).”Strategi Penanganan Kredit Bermasalah di BPR Lestari Bali.” Jurnal Manajemen Keuangan,14 (2), 150 – 165.

Budiarti, S., & Prasetyo, A. (2018). “Desain Formulir Pengajuan Kredit yang Efektif Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Nasabah di BPR.” Jurnal Manajemen Keuangan, 12 (3),150-165.

Candra, A. P. (2020). “Optimalisasi Pengenalan Program Pinjaman di BPR Lestari Bali.” Jurnal Manajemen Pemasaran, 10 (1), 90-105.

Prasetya, H., & Widjaja, A. (2019). “Pengaruh Pengenalan Produk Pinjaman melalui Brosur terhadap Minat Nasabah di BPR.” Jurnal Pemasaran dan Perbankan, 15 (1), 65-80.

PT. BPR Ulatidana Rahayu (2024) Jl. Prof Ida Bagus Mantra, Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Santoso, T., & Kurniawan, B. (2017). “Penerapan Manajemen Resiko Kredit di BPR Ulatidana Rahayu.” Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 12 (4), 230-245.

Susilawati, A., & Hidayat, R. (2019). “Analisis Pengaruh Restrukturisasi Kredit Terhadap Penurunan NPL di BPR Bali.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, 8(3), 112-125.

Sutanto, A., & Nurhadi, R. (2018). “Meningkatkan Pemahaman Nasabah melalui Formulir Pengajuan Kredit yang Simpel.” Jurnal Ilmiah Perbankan, 7(4), 230-245.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Rihayana, I. G. ., & Maharani, I. D. A. M. L. . (2024). OPTIMALISASI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DAN PENINGKATAN KUALITAS KREDIT: UPAYA PENGENALAN PROGRAM PINJAMAN DI BPR ULATIDANA RAHAYU UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DESA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 748–753. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10291