UPAYA PENINGKATAN PRODUCT KNOWLEDGE DAN SELF ESTEEM MELALUI PENGGUNAAN FLASHCARD DAN GROOMING KEPADA KARYAWAN PADA TOKO SANDAL ZUMA CABANG PELIATAN UBUD
Kata Kunci:
Product Knowledge, Self Esteem, Pelatihan Karyawan, Penurunan PenjualanAbstrak
Dalam usaha untuk menjual produk dan meningkatkan keuntungan, Pelatihan karyawan sangatlah penting. Pelatihan karyawan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Product Knowledge dan self esteem adalah strategi yang paling banyak digunakan. Product knowledge dan self esteem ini terbukti sangat efektif dalam penjualan produk dan kepuasan komsumen. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, permasalahan pokok yang dihadapi ialah mengalami penurunan produktivitas karyawan yang menyebabkan penurunan omset yang signifikan. Toko Sndal Zuma mengalami kesulitan untuk meningkatkan pendapatan penjualan maka solusi yang diberikan sebagai strategi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi antara lain Memberikan penyuluhan tentang pengetahuan product knowledge, dan penyuluhan tentang self esteem . Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah flashcard dan pelatihan grooming. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah tercapai 100% dan memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan.
Referensi
Ridwan, L. M., Solihat, A., Trijumansyah, A., (2018). Pengaruh product knowledge dan brand association terhadap purchase intention Kawasan Kampung KreatifDago Pojok. Jurnal ABC, 5(1), 68–82.
Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Sari, Pratiwi Eka. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Aceh Cabang Medan. 7(1), 100–109.
Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh product knowledge dan brand image terhadap purchase intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Jurnal DEF, 1(September), 169–184.