MENGEMBANGKAN PEMASARAN DENGAN STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI TOKO UD. KARMIASIH
Kata Kunci:
Pemasaran, Promosi Media Sosial, PendapatanAbstrak
Toko UD. Karmiasih merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan material yang beralamat di Jln. Raya Angantaka, Kutri, Singapadu Tengah Kec.Sukawati, Gianyar. UMKM ini berdiri pada tahun 2018. Toko UD. Karmiasih merupakan usaha yang menjual bahan-bahan material yaitu seperti pasir, semen, besi. Dari hasil observasi dan pengamatan secara berkelanjutan yang kami lakukan pada Toko UD. Karmiasih ditemukan adanya permasalahan yaitu penjualan yang didapatkan pada saat ini belum stabil dikarenakan strategi pemasaran yang kurang maksimal. Strategi pemasaran yang kurang maksimal bisa disebabkan karena kurang giat melakukan promosi. Kurang kreatifnya dalam membuat foto atau video yang akan diposting dalam media sosial. Hal tersebut menyebabkan kalangan masyarakat kurang mengetahui informasi atau kurang minat mengenai toko UD. Karmiasih. Maka dari itu kami memberikan solusi dengan memberi pemahaman tentang promosi media sosial untuk memperkenalkan toko UD. Karmiasih ini kepada masyarkat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pendapatan di toko UD. Karmiasih yang dilaksanakan melalui melakukan promosi dan memberi pengarahan pembuatan konten serta pembuatan logo perusahaan. Hasil dari ketercapaian kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni mahasiswa pengabdian masyarakat berhasil dalam meningkatkan pendapatan, pembuatan konten dan logo perusahaan.
Referensi
Arlinda, S., & Hendro, J. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Wilayah Kecamatan Cilincing. Jurnal Manajemen STEI, 6(2), 31-37.
Herawati, H., & Mulyani, D. (2019). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional. pp.464-482.
Nuraeni, S. I. (2024). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUKUMKM TIGA PUTRI DI DESA PASANGGRAHAN. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 3(1), 327-332.
Puspitarini, D.S. and Nuraeni, R., 2019. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), pp.71-80.
Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Promosi Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123-133.
Rara, D. H. M. (2021). Media Sosial Sebagai Alternatif Penjualan Pengusaha Kain Jumputan Sutra Ditengah Pandemi Covid-19. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45-52.
Wiguna, I. K. A. G., Semadi, K. N., Asana, I. M. D. P., Putra, P. S. U., & Radhitya, M. L. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Media Sosial dalam Mendukung Promosi dan Penjualan Produk UMKM Ukiran Kayu. KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi, 1(1), 1-8.
Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi instagram sebagai sarana promosi bisnis online: Sebuah studi pada akun warung mamak. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 1-9.