MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN TATA PENGELOLAAN STOK BARANG PADA UMKM PAYUK SARI GERABAH BALI

Penulis

  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Triswari Jayantini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Promosi, Blend Aplikasi, Penataan

Abstrak

Program kuliah Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program Universitas Mahasaraswati sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap perusahaan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa tentang kondisi perusahaan secara langsung dan juga untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab mahasiswa selama melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat salah satu perusahaan yang menjadi tempat penulis yaitu UMKM Payuk Sari Gerabah Bali yang beralamat di Jalan Widuri, Br. Basang Tamiang, Kapal, Mengwi - Badung. Perusahaan ini bergerak dibidang kerajinan tangan dari tanah liat dengan menjual berbagai macam gerabah, seperti tempaya, periuk, belanga, kendi dan celengan. Permasalahan yang muncul pada saat melakukan observasi pada UMKM Payuk Sari Gerabah Bali yaitu yang pertama dilihat dari hasil foto produk yang kurang bagus dan rapi saat dipromosikan di media sosial sehingga tampilan foto tidak menarik. Selain itu ada satu permasalahan lagi yang ditemui, yaitu stok barang dan display yang masih tertata kurang rapi. Solusi yang dapat kami berikan yaitu, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai cara pengembangan marketing untuk meningkatkan penjualan. Serta memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai penataan stok barang dan display agar terlihat rapi dan mudah ditemukan.

Referensi

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi Tiga

Kurniawan, Gogi. “Kewirausahaan Di Era Revolusi Industri 4.0.”(2019)

Nisa, I. F., & Fathoni, M. I. A. (2022). Pelatihan Strategi Marketing Bagi Masyarakat Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Journal of Research Applications in Community Service, 1(1), 7-14.

Setiawati, P. S. (2020, Juli). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.

Sutoyo, Anwar. (2014). Pemahaman Individu. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Wiestra dalam Febriyanti, (2014). Pelaksanaan Pemberian Izin Oleh Kepolisian. Lampung: Universitas Lampung. Hlm 12

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Widnyana, I. W. ., & Jayantini, N. K. T. . (2024). MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN TATA PENGELOLAAN STOK BARANG PADA UMKM PAYUK SARI GERABAH BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 629–634. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10268