MENGENAL KESALAHAN BERBAHASA YANG DILAKUKAN PELAJAR BIPA DALAM MENULIS

Authors

  • Ida Ayu Mela Tustiawati,S.Pd., M. Ed. Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Aiko Konishi Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kata kunci: BIPA, kesalahan bahasa, kemampuan menulis

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing atau lebih dikenal dengan BIPA merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan internasionalisasi bahasa Indonesia. Dalam realisasi pembelajaran di kelas, terdapat beberapa aspek penting yang menjadi perhatian pengajar dan juga peneliti bahasa yang salah satunya adalah kesalahan berbahasa tulis yang dilakukan oleh pelajar BIPA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan kesalahan berbahasa Indonesia pada tulisan pelajar BIPA. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 57 tulisan pelajar BIPA dikumpulkan selama periode belajar dari September 2024 hingga Juni 2025, namun hanya 18 tulisan yang diteliti lebih lanjut sesuai dengan kriteria yang ditetapkan penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah kesalahan dalam penulisan kalimat pada satu atau lebih paragraf, meliputi ejaan, penggunaan kalimat yang tidak sesuai, dan pemilihan kata. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pengajar BIPA dalam mengevaluasi proses pembelajaran di kelas, sehingga kegiatan pembelajaran dapat lebih efektif meningkatkan kemampuan menulis pelajar BIPA sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Downloads

Published

2024-11-13