TANDA VERBAL DAN VISUAL DALAM POSTER IKLAN TENTANG HEMAT ENERGI

Authors

  • Putu Gede Budiartha Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cahyani Putri Utami Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Windy Adnyani Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kata Kunci: Tanda, Makna, Poster Iklan, Hemat Energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tanda verbal dan visual yang muncul dalam poster iklan hemat energi sekaligus menentukan makna dibalik tanda-tanda tersebut. Selain bahasa, pada poster ada gambar yang juga bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat. Kedua hal ini sangat menarik untuk dianalisis maknanya karena terkadang baik tulisan maupun gambar yang digunakan memiliki makna lain dari makna yang sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana analisis disajikan secara deskripsi. Data dikumpulkan dari 3 poster iklan tentang hemat energi dari WWF yang didownload dari Internet. Teori Saussure (1983) tentang semiotic digunakan untuk menganalisis tanda verbal dan visual yang muncul di sumber data yang digunakan, serta teori dari Barthes (1964) digunakan untuk menganalisis makna nya. Secara umum, hasil yang diperoleh adalah tanda verbal yang digunakan di poster iklan menghemat energi oleh WWF adalah berupa tulisan frasa. Sedangkan tanda visual adalah gambar – gambar yang disertakan dalam iklan-iklan tersebut. Makna yang terkandung dalam tandatanda yang digunakan dalam iklan-iklan tersebut adalah cenderung connotative (konotasi) karena memiliki makna lain dari makna sebenarnya.

Downloads

Published

2024-11-13