A STUDY ON HOW TEACHERS COMMUNICATE WITH CHILDREN IN PRESCHOOL AND DAYCARE AT KINDY CLUB DENPASAR
Keywords:
Kata kunci: Tindak tutur, guru (pengasuh), prasekolah, penitipan anakAbstract
Studi kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru (pengasuh) di Kindy Club, mengkaji bagaimana tindak tutur tersebut digunakan dalam komunikasi dengan anak-anak selama kegiatan prasekolah dan penitipan anak, serta mengidentifikasi maksud ilokusi di balik tindak tutur tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai studi mikro-etnografi, dengan fokus pada enam guru (pengasuh) di Kindy Club. Data dikumpulkan terutama melalui observasi, wawancara, dan rekaman video. Data yang dikumpulkan kemudian dikategorikan dan dianalisis menggunakan Taksonomi Tindak Tutur Searle (1979), yang mencakup Representatif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif. Penelitian ini menemukan bahwa guru (pengasuh) di program prasekolah dan penitipan anak menggunakan semua jenis tindak tutur—representatif, ekspresif, komisif, direktif, dan deklaratif. Selain itu, kombinasi berbeda dari kelas tindak tutur diidentifikasi, seperti direktif-requestif, direktif-pertanyaan, dan directive-prohibitif. Guru (pengasuh) di Kindy Club memiliki cara unik dalam menggunakan setiap kelas tindak tutur, sering kali menggabungkan berbagai kelas atau menghasilkan tindak tutur yang menunjukkan lebih dari satu kelas. Akibatnya, temuan ini mengungkapkan bahwa beberapa tindak tutur memiliki lebih dari satu maksud ilokusi.