STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DENGAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN BEAN SPROUTS DI MASA PANDEMI COVID 19 DI BALI

Authors

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sapta Rini Widyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Analisis SWOT, IFAS, EFAS, Keunggulan bersaing dan Kinerja Pemasaran

Abstract

Dalam menjalankan bisnis harus dilengkapi dengan perumusan strategi. Analisis SWOT merupakan alat yang digunakan untuk menentukan strategi bisnis dalam memenangkan persaingan. Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sangat penting untuk diketahui sehingga mampu memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan ancaman.Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari berbagai alternatif strategi yang tepat melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) pada produk “Bean sprouts” di saat pandemic covid 19 melanda dunia. Teknik analisa data yang digunakan adalah Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS) dan Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah usaha Bean sporuts berada pada posisi grow and develop (tumbuh dan berkembang) dan strategi yang bisa diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Strategi penetrasi pasar dapat dilakukan dengan mencari pangsa pasar baru untuk produk atau jasa yang sudah ada, melalui usaha pemasaran yang lebih gencar.

Downloads

Published

2020-12-01