“ID-CULTAGE WEB EDU” WEB EDUKASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI GEN Z MENGENAI BUDAYA LOKAL DENGAN MENJUNJUNG TINGGI BHINEKA TUNGGAL IKA MENUJU INDONESIA EMAS

Penulis

  • Ni Putu Karlina Dewi
  • Ni Komang Linda Prasista
  • Ni Kadek Desi Maharani
  • I Wayan Januariawan

Kata Kunci:

Id-Cultage Web Edu, Website Edukasi, Budaya Lokal Indonesia, Indonesia Emas

Abstrak

Ditengah maraknya perkembangan zaman dan semakin meningkatnya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia, unsur globalisasi masuk tak terkendali merasuki kebudayaan nasional yang merupakan jelmaan dari kebudayaan lokal yang ada disetiap daerah dari Sabang sampai Merauke, Kesadaran generasi muda untuk mau menjaga kebudayaan lokal masih terbilang minim, karena rendahnya ketertarikan dan minat gen Z untuk mencaritahu dan mewarisi kebudayaan lokal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah upaya strategis untuk meningkatkan rasa ingintahu dan wawasan generasi muda tentang budaya lokal Indonesia di era society 5.0. Salah satu upaya strategis dalam meningkatkan pengetahuan dan minat generasi muda terhadap budaya lokal Indonesia adalah melalui pengembangan media pembelajaran budaya lokal Indonesia berbasis teknologi. Selama ini, media pembelajaran yang sering digunakan dalam mempelajari budaya lokal Indonesia cenderung kurang menarik, membosankan, dan tidak interaktif faktor-faktor inilah yang menyebabkan gen Z cenderung kehilangan minat untuk mempelajari budaya lokal. Untuk memenuhi kebutuhan gen Z dalam mempelajari budaya lokal maka diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik, praktis, interaktif, dan inovatif mengenai budaya lokal Indonesia salah satunya adalah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan media website edukasi berbasis digital. Website sebagai media pembelajaran yang dibuat dengan google sites memudahkan generasi muda untuk mengakses wawasan tentang budaya lokal Indonesia. Produk media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah produk Website Edukasi yang bernama Id-Cultage Web Edu.  

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29