Membangun Inklusivitas Budaya Melalui Content Analysis pada Instagram dan Tiktok @raniaayamin

Penulis

  • Tia Rachma Utamie
  • Rifda Fathiyah
  • Mutia Khairunnisa
  • Alwan Husni Ramdani

Kata Kunci:

Strategi Inklusi Budaya, Instagram, Tiktok, Intercoder Reability

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis konten media sosial @raniaayamin, seorang penggiat budaya yang mempromosikan kebudayaan melalui penggunaan baju adat kebaya. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari dua platform media sosial utama, Instagram dan TikTok, menggunakan metode intercoder reliability. Hasil analisis, didukung oleh literatur review, menunjukkan bahwa media sosial efektif sebagai platform untuk mempromosikan budaya, terutama ketika kontennya bersifat personal sehingga relevan bagi banyak orang. Faktor visual menarik juga membantu menjangkau khalayak luas. Implikasi penelitian ini memberikan dasar untuk pengembangan strategi inklusi budaya melalui media sosial dengan mempertimbangkan aspek personalitas konten dan daya tarik visual guna mencapai dampak yang lebih positif dan luas. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29