BASION (EXPLORE YOUR FASHION WITH ADVENTURE) :INOVASI E-COMMERCE STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA DESA BENGKALA

Penulis

  • I Putu Wirajaya Mahardika1
  • Ni Made Fania Aprilia

Kata Kunci:

E-Commerce, Budaya, Digital

Abstrak

Bali sebagai destinasi wisata kelas dunia menawarkan potensi pariwisata budaya lokal dan alam yang menawan. Namun sayang, potensi ini hanya tersentralisasi dalam beberapa kawasan saja. Ramai daerah lainnya di Bali yang belum terjamah oleh wisatawan padahal memiliki keunikan yang ciamik. Faktor penyebab peristiwa ini terjadi ada 2 (dua): (1) Kurangnya managemen sistem informasi pemerintah daerah setempat dan (2) Rendahnya akses digital pada promosi pengembangan daerah. Dua hal inilah yang menjadikan peneliti memilih Desa Bengkala sebagai subjek penelitian karena memenuhi beberapa kreteria, yaitu: (1).

Memiliki keunikan dimana mayoritas warganya adalah tuna wicara atau “kolok”, (2). Memiliki ciri khas berupa kain tenunnya yang berkualitas namun belum banyak yang mengetahui, (3) Lingkungan alamnya sebagai potensi pariwisata desa. Berkuivalen dengan statusquo tersebut peneliti melakukan reaseacrh terhadap upaya mempromosikan budaya lokal Desa Bengkala melalui “Basion” website khusus Desa Bengkala dengan keunggulan yakni, (1) Menyajikan sejarah dan potensi isata Desa Bengkala, (2) Melayani transaksi jual beli kain tenun Desa Bengkala dan (3) Wujud kepedulian berupa sumbangan sukarela kepada masyarakat tuna wicara Desa Bengkala. Penelitian ini merupakan pengembangan R&D yang menggunakan analisis UI/UX para ahli dan responden masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa website Basion layak digunakan sebagai sistem informasi dan pelayanan e-commerce Desa Bengkala.  

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29