STRATEGI OPTIMALISASI KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL DI KALANGAN GEN Z DALAM PEMBANGUNAN MENUJU ERA INDUSTRI 5.0
Kata Kunci:
Strategi, Optimalisasi, Komunikasi, Intrapersonal, Komunikasi InterpersonalAbstrak
Dalam optimalisasi komunikasi intrapersonal dan interpersonal upaya yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan komunikasi intrapersonal dan interpersonal, langkah awal yang akan dilakukan adalah mengumpulkan informasi, menganalisis struktur dan sarana komunikasi, membuat analisis kritis, melakukan analisis terhadap komponen komunikasi, melakukan analisis kemajuan komunikasi dan menetapkan tujuan. Untuk mendukung langkah awal optimalisasi komunikasi intrapersonal dan interpersonal diperlukan beberapa strategi yang mampu digunakan, diantaranya ada strategi berbasis lingkungan, strategi perencanaan dan strategi partisipasi. Dalam penelitian ini membahas dua rumusan masalah yakni, (1) Faktor apa saja yang menghambat optimalisasi komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal? (2) Bagaimana strategi pengembangan komunikasi intrapersonal dan interpersonal? serta (3) Mengapa perencanaan dan strategi komunikasi pembangunan penting? Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi literatur yang serangkaian kegiatan berkenaan dengan metode pungumpulan data pustaka, membaca jurnal, buku, dan mencatat, serta mengolah data penelitia yang terjadi di masyaratkat khususnya dalam optimalisasi potensidiri dibidang komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Hasil penelitian adalah: (1) Faktor penghambat dalam penggalian potensi dalam diri ini sebenarnya dapat dipengaruho secara internal dan eksternal, (2) Merancang strategi merupakan langkah penting yang memerlukan pertimbangan matang dalam perencanaan komunikasi, karena jika strategi yang dipilih salah maka hasil yang dicapai bisa berakibat fatal terutama kerugian waktu, materi dan tenaga, (3) Perencanaan komunikasi dalam kerangka yang sangat sederhana adalah tentang menciptakan komunikasi yang efektif. Dalam kerangka yang lebih luas, perencanaan komunikasi diperlukan untuk merumuskan strategi keberhasilan suatu program nasional yang bertujuan untuk mengatasi hambatan yang ada untuk mencapai efisiensi komunikasi