PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER HIPERKUSTOMISASI DAN WECONOMIST DI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR SEBAGAI UPAYA MENCAPAI PERUBAHAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN SECARA ONLINE DI ERA COVID-19

Penulis

  • Made Gita Sudharani SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR
  • I Gusti Agung Tasya Indriyani Mustika SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR
  • Kadek Adinda Putri Maheswari SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR

Kata Kunci:

Karakter Hiperkustomisasi, Weconomist, Aktivitas, Online

Abstrak

Masalah pembelajaran online di era Covid-19 ini masih saja menjadi momok di kalangan masyarakat. Selain rata-rata guru belum menguasai teknologi, banyak siswa yang merasa enggan untuk mengikuti proses pembelajaran seperti ini. Banyak siswa yang memberikan kesan tidak puas dengan pengetahuan yang diterimanya sehingga aktivitas dalam pembelajaran tidakberjalan secara optimal. Menyadari hal seperti ini maka para pengajar (guru) SMA (SLUA)Saraswati 1 Denpasar mencoba menerapkan suatu program dengan mengembangkan nilai-nilai karakter Hiperkustomisasi dan Weconomist dalam proses pelaksanaan pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penerapan program ini terhadap peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran online. Metode penelitian antara lain: observasi, interview dan studi literatur. Hasil penelitian meliputi: 1) Mengungkap tentang perlunya mengembangkan nilai-nilai karakter Hiperkustomisasi dan Weconomist di era Covid-19 di lingkungan SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. 2) Pemaparan tentang pengaruh pengembangan nilai-nilai karakter Hiperkustomisasi dan Weconomist ini terhadap perubahan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran online di era Covid-19. Jadi kesimpulannya adalah penerapan nilai-nilai karakter Hiperkustomisasi dan Weconomist dapat memberikan peningkatan terhadap aktivitas siswa SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar dalam mengikuti proses pembelajaran online di era Covid-19.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25