BELAJAR BERWIRAUSAHA, MENGAPA TAKUT? (SEBUAH ANALISIS TERHADAP AKTIVITAS MENCARI PELUANG BERWIRAUSAHA PADA GENERASI Z DI ERA SOCIETY 5.0)
Kata Kunci:
Generasi Z, bisnis online, WirausahawanAbstrak
Tingginya minat belanja online masyarakat Indonesia khususnya yang berasal dari kalangan anak muda mendorong potensi berbisnis Generasi Z tumbuh. Hal itu sangat menarik untuk diteliti. Oleh karena itu yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besar potensi Generasi Z yang memiliki minat untuk menjadi seorang wirausahawan? (2) Apa yang menjadi motivasi bagi Generasi Z untuk menjadi seorang wirausahawan? (3) Bagaimanakah cara agar Generasi Z dapat menemukan peluang bisnis pada era society 5.0? Untuk memeroleh data digunakan metode angket dengan menggunakan 100 orang dari 588 orang sebagai sampel dan melakukan metode wawancara dengan salah seorang generasi Z yang sudah menekuni beberapa bisnis online. Wawancara ini juga dilakukan dengan salah seorang guru ekonomi dan kewirausahaan. Setelah terkumpul, data tersebut diolah dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk memeroleh simpulan. Berdasarkan data dan analisisnya diperoleh hasil bahwa motivasi siswa / Generasi Z cukup besar untuk menjadi seorang wirausahawan dengan berbagai motivasi baik dari diri sendiri, lingkungan, maupun modal dan faktor-faktor penghambat serta pendorong. Peluang wirausahawan muda juga terjamin asalkan mampu berinovasi, mengolah dana, dan memiliki strategi marketing di era Society 5.0 ini. Peluang bisnis bagi Generasi Z juga terdukung dengan perkembangan teknologi sehingga dapat bertahan sesuai dengan kondisi pasar dan keinginan konsumen.