APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Virtual Reality, pendidikan, era society 5.0, generasi ZAbstrak
Virtual Reality merupakan teknologi penggabungan dunia maya dan dunia nyata, sedang banyak digunakan di era ini. Karya tulis ini disusun berdasarkan studi literatur terhadap beberapa artikel dan jurnal ilmiah tentang penerapan teknologi virtual reality dalam proses pembelajaran. Hasil kajian kemudian dianalisis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode virtual reality bila diterapkan sebagai media pembelajaran serta peran yang bisa diambil generasi Z dalam penggunaan virtual reality sebagai metode pembelajaran berkelanjutan di era society 5.0 mendatang. Disebutkan bahwa siswa lebih tertarik dan berespon positif terhadap metode VR ini. Metode VR diyakini bisa dipakai sebagai metode pembelajaran masa depan karena menembus batas ruang dan waktu serta bisa digunakan di semua kalangan termasuk anak usia dini dan siswa berkebutuhan khusus. Kekurangan dari VR terutama dalama hal kesehatan, mahalnya perangkat serta terbatasnya jaringan internet di Indonesia. Generasi Z yang identik dengan teknologi digital diharapkan peran sertanya dalam keberhasilan pemakaian VR sebagai media pembelajaran di era society 5.0 mendatang sehingga tujuan pendidikan nasional dan tujuan ke empat SDGs terwujud demi Indonesia berkemajuan.