THE LIGHT OF ACEH: UPAYA PENGUATAN DESTINATION BRANDING BERBASIS HALAL TOURISM SEBAGAI PERWUJUDAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS 2030
Kata Kunci:
Upaya Penguatan, Destination Branding, Halal Tourism, SDGs 2030Abstrak
Tulisan ini membahas tentang upaya penguatan destination branding bertajuk the light of Aceh berbasis halal tourism melalui pengembangan dan perwujudan wisata halal untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Kabupaten Aceh Barat. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi melibatkan beberapa narasumber yang meliputi: Kepala Dinas dan Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Aceh Barat, pelaku usaha di lokasi wisata serta masyarakat. Kumpulan data yang telah didapat saat penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Data tersebut dirangkum dalam bentuk catatan, lalu disusun dalam transkip hasil penelitian, dipilah sesuai kepentingan, dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan jika Kabupaten Aceh Barat telah berupaya mewujudkan konsep wisata halal. Namun, upaya tersebut masih terlihat samar meski syariat Islam menjadi landasan hukum di lokasi penelitian. Hal ini disebabkan belum adanya regulasi resmi dari Pemerintah Daerah hingga Kabupaten yang mengatur secara kompleks tentang wisata halal. Selain itu, fasilitas dan jasa yang disediakan untuk mendukung wisata halal juga masih minim, dan upaya promosi wisata yang dilakukan masih kurang. Kesimpulan dari tulisan ini ialah diperlukan komitmen kuat dari pemerintah untuk menyusun regulasi resmi tentang wisata halal, lebih memusatkan perhatian pada perbaikan dan pembenahan fasilitas,maupun jasa di lokasi wsiata halal, dan menggiatkan promosi agar penguatan destination branding dengan tagline the light of Aceh dapat tercapai.