PERAN GENERASI Z DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI UMKM PRODUK BERAS MERAH TABANAN DENGAN PAMERAN VIRTUAL REALITY 360O

Penulis

  • Maria Anastasia Lumban Tobing STIE Bali International Institute of Tourism Management
  • Dewi Anggraeni Putri STIE Bali International Institute of Tourism Management
  • Putu Mas Ayu Anggarini STIE Bali International Institute of Tourism Management
  • Dr. Luh Kadek Budi Martini, SE., MM STIE Bali International Institute of Tourism Management

Kata Kunci:

Beras merah, UMKM, Virtual reality 360

Abstrak

Beras diketahui sebagai bahan pangan pokok masyarakat Indonesia dan negara lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat 3 macam varietas beras, yaitu putih, merah, dan hitam. Beras merah merupakan salah satu produk bahan pangan unggulan terutama di Tabanan, Bali. Beras merah sendiri sudah lama terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh seperti mampu mencegah berbagai penyakit seperti kolesterol, kanker, dan jantung koroner. Sayangnya, bahan pokok ini tidak begitu populer di Indonesia. Masih banyak orang yang mengkonsumsi beras putih sebagai pangan pokok mereka. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan UMKM produk beras merah di Tabanan, Bali yang banyak jenisnya menggunakan media teknologi berupa Virtual Reality 360o dalam bentuk pameran produk-produk olahan dari beras merah.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25