The Influence of Digitalization pada Pendidikan Karakter di Era Generasi Z dalam Society 5.0

Penulis

  • I Dewa Ayu Mila Pariutari Universitas Warmadewa
  • I Komang Gerry Ardyastika Universitas Warmadewa
  • Putu Gede Praja Dipa Putra Universitas Warmadewa
  • Dr. Drs I Nyoman Muliana, M.Hum. Universitas Warmadewa

Kata Kunci:

Society 5.0, Pendidikan Karakter, Generasi Z

Abstrak

Kemajuan teknologi dari Era Society 4.0 menuju Era Society 5.0 merupakan sebuah tantangan terbesar bagi Generasi Z. Berbagai macam tantangan dihadapi oleh Generasi Z, salah satunya yaitu dalam menemukan jati diri atau way of life serta membentuk karakter agar tidak mudah terpengaruh dan tergerus oleh kemajuan teknologi yang semakin masif. Era Society 5.0 yang diiringi dengan adanya epidemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk memfokuskan hampir seluruh kegiatan mereka pada platform digital. Perubahan aktifitas masyarakat yang pada awalnya terjadi banyak pertemuan fisik, kini berubah menjadi pertemuan virtual atau daring karena tuntutan physical distancing akibat Covid-19. Seringnya berinteraksi secara virtual dengan menggunakan gawai, menyebabkan kecanduan bagi setiap penggunanya, salah satunya adalah Generasi Z. Kecanduan ini menyebabkan penyalahgunaan gawai yang seharusnya digunakan sebagai media belajar, akan tetapi karena konten yang dikonsumsi melalui sosial media bersifat kurang edukatif, hal itu menyebabkan perubahan karakter dan penurunan moral pada Genenerasi Z. Konten serta komentar-komentar yang bersifat negatif pada platfrom sosial media seperti TikTok, Instagram, Twitter dan YouTube mencerminkan lemahnya pendidikan karakter pada Generasi Z. Oleh sebab itu pentingnya pendidikan karakter di Era Society 5.0 sangat krusial agar nilai-nilai karakter tetap tumbuh dan berkolerasi seiring dengan perkembangan zaman.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25