PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDSOS TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivitas

Penulis

  • Pande Made Nata Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Erry Suandita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Della Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dr.Gde Bayu Surya Parwita,SE.,MM Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Media Sosial, TikTok, Generasi Z

Abstrak

Generasi Z Media sosial secara luas merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari saat ini, bahkan sebagian orang tidak dapat hidup tanpanya. Salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2020 sekarang adalah TikTok dan mereka mengubah permainan di media sosial dengan video berdurasi 15-60. Tidak heran dampaknya terhadap banyak sektor di dunia. Tetapi, bisakah TikTok beroperasi di sektor pendidikan? Pada artikel kali ini penulis akan menganalisis perilaku Generasi Z terhadap TikTok yang digunakan sebagai media pendidikan dan aktivisme. Metode intervensi yang digunakan dalam artikel ini adalah dengan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa TikTok dapat digunakan sebagai bentuk pendidikan informal dan aktivisme digital. Dalam pendidikan informal ditemukan model pembelajaran dan kebijakan yang dapat berpengaruh pada kegiatan. Kesimpulannya, penggunaan media sosial di bidang pendidikan memang bermanfaat, namun perlu lebih banyak penelitian dan model lebih lanjut untuk aplikasinya dalam kegiatannya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25